PERILAKU MEMBOLOS SISWA DAN PERAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI SMP NEGERI 11 KERINCI)

Submitted by admin on Sun, 01/28/2024 - 13:00
Deskripsi/Abstract
Berdasarkan hasil penelitian hasil penelitian tentang perilaku membolos siswa dan peran pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 11 Kerinci, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yakni sebagai berikut: 1. Faktor penyebab terjadinya perilaku membolos siswa di SMP Negeri 11 Kerinci yakni : faktor dari dalam diri sendiri, faktor Keluarga, faktor lingkungan sekolah, faktor teman sebaya, dan faktor lingkungan masyarkat. 2. Akibat perilaku membolos yang dilakuan siswa SMP Negeri 11 Kerinci antara lain : siswa tidak dapat mengikuti pelajaran sehingga prestasinya kurang baik, siswa menjadi anak yang pendiam dan jarang berbicara, dan siswa merasa ketakutan saat dipanggil oleh guru. 3. Peran pelayanan bimbingan dan konseling dalam penanganan perilaku membolos siswa di SMP Negeri 11 Kerinci terdiri atas tiga yaitu : Pertama preventif, bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku membolos siswa sperti pembinaan siswa, usaha pembinaan pada siswa ini bertujuan untuk memperkuat sikap mental siswa agar mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kedua preservatif, bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku membolos siswa siswa seperti meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk memberikan kegiatan kepada siswa sehingga siswa dapat menggunakan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang lebih positive. Ketiga tindakan kuratif, bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku membolos siswa seperti pemberian bantuan kepada siswa yang telah mengalami masalah, baik menyangkut aspek pribadi, sosial, belajar, maupun karir.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi