Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih rendahnya kepercayaan diri siswa, hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada diri siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepercayaan diri siswasebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, 2)mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama, 3) mengetahui tingkat kepercayaan dirisiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre- eksperimen melalui rancangan The One Group Pretest-Posttest Desigh. Sebanyak 10 orang siswa yang mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dipilih melalui teknik purvosive sampling. tingkat kepercayaan diri siswa diperoleh melalui skala likert. Kemudian dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian mengungkapkan, 1) Tingkat kepercayaan diri siswa
sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kategori sedang, 2) Tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada kategori sangat tinggi, 3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kepercayaan diri siswa pada kelas VII sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan angka probabilitas asmyp. (2-tailed) sebesar 0,005 atau probalitas dibawah α 0,05 (0,005 < 0,05)
Koleksi
Subject
Files
BAB 1-5.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.