EFEKTIVITAS LAYANAN ORIENTASI UNTUK MEMBENTUK PERSEPSIPOSITIF SISWA TENTANG GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) 4 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 01/29/2024 - 12:57
Deskripsi/Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan bagian dari sistem pendidikan di sekolah. Meskipun keberadaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah sudah diakui, namun masih ada siswa yang memiliki persepsi negatif tentang guru bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas layanan orientasi untuk membentuk persepsi positif siswa tentang guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kerinci. Peneliti menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri4 Kerinci dengan jumlah siswa 20 orang siswa. Sampel di ambil dengan teknik sampel jenuh yakni mengambil seluruh siswa menjadi sampel. Pre-tes diberikan kepada sampel untuk mengetahui presepsi awal mereka tentang guru bimbingan konseling dan selanjutnya dilakukan treatment (perlakuan), yakni diberi layanan orientasi, dan selanjutnya diberi pos-tes. Data pre-tes dan pos-tes yang diperoleh selanjutnya ditabulasi untuk mengetahui Total Capaian Responden (TCR), selanjutnya data di analisis data dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kerinci pada pre-tes (sebelum diberi layanan orientasi) yakni sebesar 154.45 kriteria cukup baik dan skor persepsi siswa tentang guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Negeri 4 Kerinci pada pos-tes(setelah diberi layanan orientasi) sebesar 179,25. Lebih lanjut hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test yaitu diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < α (α = 0,05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata pre-tes dan pos-tes. Dengan demikian H1 yang berbunyi Layanan orientasi efektif untuk membentuk persepsi positif siswa tentang guru BK di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kerinci di terima dan Ho yang berbunyi Layanan orientasi tidak efektif untuk membentuk persepsi positif siswa tentang guru BK di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kerinci di tolak
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis