EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN MUJAHADAH UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 01/29/2024 - 14:45
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki empati rendah dan menunjukan sikap-sikap yang tidak sesuai dengan yang harus dipenuhi oleh seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui empati siswa sebelum melakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah pada siswa SMAN 3 Sungai Penuh. (2) mengetahui empati siswa sesudah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah pada siswa SMAN 3 Sungai Penuh. (3) mengetahui apakah dengan penerapan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah dapat meningkatkan empati siswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk pendekatan eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sungai Penuh yang berjumlah 169 orang.Untuk mendeskripsikan data empati siswa dihitung dengan menggunakan skor ideal, sedangkan untuk pengujian hipotesis untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah untuk meningkatkan empati siswa menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program statistic SPSS versi 20.00 for windows. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Mujahadah efektif untuk meningkatkan empatiSiswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh”. Diperoleh hasil perbandingan empati pretest dan posttest terjadi peningkatan empati, kemudian dilihat dari ketentuan Thitung ˂ Ttabel, hasil perhitungan lebih besar Thitung ˂ Ttabel ini menunjukan bahwa H○ ditolak dan Ha diterima, itu artinya terdapat perubahan yang positif empati siswa di SMA Negeri 3 Sungai Penuh setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi