Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memiliki
empati rendah dan menunjukan sikap-sikap yang tidak sesuai dengan yang harus
dipenuhi oleh seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui empati
siswa sebelum melakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan
mujahadah pada siswa SMAN 3 Sungai Penuh. (2) mengetahui empati siswa
sesudah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah
pada siswa SMAN 3 Sungai Penuh. (3) mengetahui apakah dengan penerapan
layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah dapat meningkatkan
empati siswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk
pendekatan eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA
Negeri 3 Sungai Penuh yang berjumlah 169 orang.Untuk mendeskripsikan data
empati siswa dihitung dengan menggunakan skor ideal, sedangkan untuk
pengujian hipotesis untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok
dengan pendekatan mujahadah untuk meningkatkan empati siswa menggunakan
Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program statistic SPSS versi
20.00 for windows.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa “Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Pendekatan Mujahadah efektif untuk meningkatkan
empatiSiswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh”. Diperoleh hasil perbandingan empati
pretest dan posttest terjadi peningkatan empati, kemudian dilihat dari ketentuan
Thitung ˂ Ttabel, hasil perhitungan lebih besar Thitung ˂ Ttabel ini menunjukan
bahwa H○ ditolak dan Ha diterima, itu artinya terdapat perubahan yang positif
empati siswa di SMA Negeri 3 Sungai Penuh setelah diberikannya layanan
bimbingan kelompok dengan pendekatan mujahadah.
Koleksi
Subject
Files
RAHMA ADE SHINTYA.pdf7.73 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.