ANALISIS REGULASI EMOSI NEGATIF SISWA LAKI-LAKI DI MTS SIULAK GEDANG

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:15
Deskripsi/Abstract
Masa remaja merupakan salah satu periode dalam perkembangan manusia yang menarik perhatian untuk dibicarakan. Pada masa remaja, individu banyak mengalami berbagai perubahan meliputi perubahan fisiologis maupun psikologis. Salah satu perubahan psikologis yang terjadi pada masa remaja adalah perubahan sosioemosional, dimana remaja memiliki ketegangan emosi yang cukup tinggi, seperti terjadinya beberapa kejadian perselisihan, pertengkaran antar siswa yang menandakan kurangnya kemampuan dalam mengatur dan mengendalikan emosi negatif yang ada pada dirinya. Regulasi emosi sebagai cara individu mengatur emosi yang mereka miliki, kapan mereka merasakannya dan bagaimana mereka merasakannya dan bagaimana mereka mengalami atau mengekspresikan emosi itu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan regulasi emosi negatif siswa laki-laki di MTS Siulak Gedang. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatf dengan desain kuantitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan angket/kusioner yang digunakan untuk memperoleh keterangan yang langsung dari responden. Hasil yang didapat secara umum dilihat dari perolehan nilai rata-rata perindikator, (1) Mampu mengatur emosi positif dan negatif dimana pada indikator ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,95 yang artinya masuk kedalam kategori tinggi, (2) Mampu menyadari dan mengendalikan emosi secara otomatis, pada indikator ini juga memperoleh nilai rata-rata yang juga termasuk kedalam kategori tinggi yaitu sebesar 2,96 dan pada indikator terakhir (3) Mampu mengatasi stres dari masalah yang dihadapi juga memperoleh hasil yang tinggi, dimana pada indikator ini siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,04, hal ini tentu saja menunjukkan bahwa berdasarkan nilai yang diperoleh melalui tiga indikator yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mulai mampu meregulasikan emosi negatif yang ada pada dirinya, dan peneliti berharap untuk penelitian kedepannya bisa memperoleh pemahaman yang lebih luas lagi dan dapat membantu siswa dalam megembangkan kemampuan meregulasi emosi negatif yang dimilikinya.

slot demo

slot gacor

slot gacor

Slot Demo Slot Gacor Slot Online Slot Demo Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi