Deskripsi/Abstract
Masa remaja merupakan salah satu periode dalam perkembangan manusia
yang menarik perhatian untuk dibicarakan. Pada masa remaja, individu banyak
mengalami berbagai perubahan meliputi perubahan fisiologis maupun psikologis.
Salah satu perubahan psikologis yang terjadi pada masa remaja adalah perubahan
sosioemosional, dimana remaja memiliki ketegangan emosi yang cukup tinggi,
seperti terjadinya beberapa kejadian perselisihan, pertengkaran antar siswa yang
menandakan kurangnya kemampuan dalam mengatur dan mengendalikan emosi
negatif yang ada pada dirinya. Regulasi emosi sebagai cara individu mengatur
emosi yang mereka miliki, kapan mereka merasakannya dan bagaimana mereka
merasakannya dan bagaimana mereka mengalami atau mengekspresikan emosi itu.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan
regulasi emosi negatif siswa laki-laki di MTS Siulak Gedang.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatf dengan desain
kuantitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini peneliti
menggunakan angket/kusioner yang digunakan untuk memperoleh keterangan
yang langsung dari responden.
Hasil yang didapat secara umum dilihat dari perolehan nilai rata-rata
perindikator, (1) Mampu mengatur emosi positif dan negatif dimana pada
indikator ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,95 yang artinya masuk kedalam
kategori tinggi, (2) Mampu menyadari dan mengendalikan emosi secara otomatis,
pada indikator ini juga memperoleh nilai rata-rata yang juga termasuk kedalam
kategori tinggi yaitu sebesar 2,96 dan pada indikator terakhir (3) Mampu
mengatasi stres dari masalah yang dihadapi juga memperoleh hasil yang tinggi,
dimana pada indikator ini siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,04, hal ini
tentu saja menunjukkan bahwa berdasarkan nilai yang diperoleh melalui tiga
indikator yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan bahwa siswa sudah mulai
mampu meregulasikan emosi negatif yang ada pada dirinya, dan peneliti berharap
untuk penelitian kedepannya bisa memperoleh pemahaman yang lebih luas lagi
dan dapat membantu siswa dalam megembangkan kemampuan meregulasi emosi
negatif yang dimilikinya.
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Online
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.