EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE DISKUSI DALAM MENGUBAH PERSEPSI SISIWA TENTANG DISIPLIN BELAJAR

Submitted by admin on Fri, 02/23/2024 - 09:41
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang melanggar peraturan disiplin belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan informasi dengan metode diskusi sangat efektif dalam mengubah persepsi siswa tentang disiplin belajar di SMPN 1 Kerinci Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan berupa layanan informasi dengan metode diskusi dalam mengubah persepsi siswa tentang disiplin belajar di SMPN 1 Kerinci. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII yang berjumlah 80 orang siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel siswa Kelas VII, yang berjumlah 10 orang. Skala yang digunakan adalah angket. Skala yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan rumus kategorisasi dan uji hipotesis digunakan untuk instrument disiplin belajar siswa Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang disiplin belajar sebelum diberikan layanan informasi dengan metode diskusi pada kategori sangat rendah. Persepsi siswa tentang disiplin belajar sesudah diberikan layanan informasi dengan metode diskusi pada kategori sangat tinggi.. Layanan informasi dengan metode diskusi efektif untuk meningkatkan Persepsi siswa SMPN 1 Kerinci tentang disiplin belajar.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis