February 2022

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAQUL KARIMAH SISWA DI SMP AT-THAYYIBAH SEMURUP

Submitted by admin on Wed, 02/23/2022 - 10:18
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlaqul karimah siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP At-Thayyibah Semurup Kecamatan Air Hangat Barat Kabupaten Kerinci Tahun Ajaran 2020-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peran guru pendidikan agama Islam dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah Siswa SMP At-Thayyibah Semurup yaitu : (1).
Koleksi

وظائف حرف "الواو" يف سور ة يوسف وطريقة تدريسها

Submitted by admin on Wed, 02/23/2022 - 09:50

ذهب النحاة أبن حرف الواو من بعض احلروف املشرتكة لألمساء ولألفعال اليت قد تدخل إىل كلمة االسم والفعل، وتقوم بوظيفة حرف العاملة وغري عاملة، تعمل الواو االسم والفعل يف حالتني من ثالثة أقسام، مها: اجلر ، والنصب، الواو العاملة يف حالة اجلر تقع على واو القسم، وواو رب ، وأما حالة النصب فتقع على واو املعية. وأما الواو غري العاملة فتقع يف أقسام كثرية، منها: واو العطف، واو االستئناف، واو احلال، واو االعرتاض.

Penulis
Koleksi

CORRELATIONS AMONG STUDENTS’ READING STRATEGIES, ATTITUDES OF READING AND THEIR READING ACHIEVEMENT AT THE FOURTH SEMESTER OF THE ENGLISH DEPARTMENT OF IAIN KERINCI ACADEMIC YEAR 2020/202

Submitted by admin on Wed, 02/23/2022 - 09:37

The purpose of this research was to know whether there were any correlation among students’ reading strategy, attitude of reading and their reading achievement. This research was conducted at the fourth semester of english department, state islamic institute (IAIN) of Kerinci that consisted of 33 students as the sample. The design of this research was quantitatif descriptive and the technique used in this research was a correlational technique.

Penulis
Koleksi

PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 02/23/2022 - 09:33
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih rendahnya kepercayaan diri siswa, hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada diri siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kepercayaan diri siswasebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, 2)mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, 3) mengetahui tingkat kepercayaan dirisiswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan tekniksosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pr
Penulis
Koleksi

AN ANALYSIS OF STUDENTS’ SPEAKING STRATEGIES AND THEIR PROBLEM IN SPEAKING SKILL AT THE SIXTH SEMESTER STUDENTS OF THE ENGLISH DEPARTMENT OF IAIN KERINCI ACADEMIC YEAR 2020/2021

Submitted by admin on Mon, 02/21/2022 - 11:17

The purpose of this study was to know the speaking strategy that used by students and their problems in speaking skill. The research was conducted at the sixth semester students in the English Department. This research was about 'An Analysis of Students' Speaking Strategies and Their Problems in Speaking Skill at the Sixth Semester Students of the English Department of IAIN Kerinci Academic Year 2020/2021'. In this research, the researcher used a mixed method research design in sequential explanatory type.

Penulis
Koleksi

PERAN KELUARGA TERHADAP MANAJEMEN REALAPSE PADA ORANG DENGAN SKIZOFRENIA

Submitted by admin on Mon, 02/21/2022 - 11:11

Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi dan perilaku. Penanganan yang umum dilakukan oleh anggota keluarga yaitu mengajak orang dengan skizofrenia (ODS) untuk melakukan pengobatan ke dokter spesialis jiwa (psikiater) maupun berobat ke rumah sakit jiwa dan alternatif pengobatan lainnya. Kurangnya pengetahuan keluarga dan masyarakat akan deteksi dini dan penanganan pasca pengobatan menyebabkan ODS tidak memperoleh penanganan dengan baik.

Penulis
Koleksi

INDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR IPA SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 23 KERINCI SELAMA PANDEMI COVID-19

Submitted by admin on Mon, 02/21/2022 - 11:05
Kesulitan yang dialami siswa dalam belajar IPA kelas VII SMP Negeri 23 Kerinci Kab. Kerinci yaitu kesulitan pada penguasaan teknologi, Siswa kesulitan dalam memahmi materi, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya ketidakpahaman materi.
Penulis
Koleksi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 02/21/2022 - 10:58
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) Tehadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Quasi Experiment dimana terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dapat menjelaskan pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan siswa dalam berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari SMA Negeri 1 Kerinci dengan sampel dari siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kerinci. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Observasi.
Penulis
Koleksi

Peningkatan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Melalui Penggunaan Metode Peer Lesson dalam pembelajaran biologi kelas Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci

Submitted by admin on Mon, 02/21/2022 - 10:54
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Mengetahui pencapaian kompetensi Pengetahuan peserta didik sebelum menggunakan metode Peer Lesson dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 6 Kerinci. Mengetahui pencapaian kompetensi Pengetahuan peserta didik setelah menggunakan metode Peer Lesson dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 6 Kerinci. Mengetahui peningkatan Kompetensi Pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan metode Peer Lesson peserta didik di Kelas X SMA Negeri 6 Kerinci Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.
Koleksi

Perspektif Remaja Terhadap Minat Remaja Menjadi Da’i Di Kelurahan Siulak Deras (Studi Kasus Minat Remaja Menjadi Da’i Di Siulak Deras)

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:42

Penelitian ini bertujuan untuk menggali minat para remaja untuk menjadi seorang da’i di Desa Kelurahan Siulak Deras. Perumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana perspektif remaja terhadap minat remaja menjadi da’i di Kelurahan Siulak Deras, bagaimana dampak kurangnya minat remaja menjadi da’i di Kelurahan Siulak deras dan bagaimana tugas dan tanggung jawab remaja terhadap syiar islam di Kelurahan Siulak Deras. Teknik keabsahan data adalah teknik triangulasi. Analisis data adalah teknik model Milles & Huberman yaitu reduction, display dan verification.

Koleksi

ANALISIS KONTROL DIRI SISWA SAAT BELAJAR DARI RUMAH DALAM MENGGUNAKAN HANDPHONE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:38
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi siswa belum bisa mengontrol dirinya dalam penggunaan handphone, yang mana hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada diri pribadi siswa.
Penulis
Koleksi

TINJAUAN PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM DI DESA KOTO TELUK KECAMATAN HAMPARAN RAWANG

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:28

Pendidikan Majelis taklim merupakan bentuk pendidikan yang lebih menekankan peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik atau jamaah agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) tinjauan peran majelis taklim dalam penanaman nilai-nilai Islam di Desa Koto Teluk Kecamatan Hamparan Rawang; (2) nilai-nilai Islam yang diajarkan pada jama’ah majelis taklim di Desa Koto Teluk Kecamatan Hamparan Rawang; (3) kegiatan-kegiatan majelis taklim di Desa Koto Teluk Kecamatan Hamparan Rawang.

Koleksi

MANAJEMEN IBADAH KURBAN DI MUSHALLA IKHWATUL MUSLIMIN RENAH SURIAN KELURAHAN PONDOK TINGGI

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:23

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang Manajemen Ibadah Kurban di Mushalla Ikhwatul Muslimin Renah Surian Kelurahan Pondok Tinggi. Tujuan akhir dari manajemen ibadah kurban adalah terciptanya penyelenggaraan ibadah kurban secara tertib dan teratur serta penyelenggaraan ibadah kurban ini menjadi suatu kebaikan sesama manusia dengan berbagi bersama.

Penulis
Koleksi

MATERI DAKWAH GURU PENGAJIAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QURAN DI TPA MUSHOLLA DARUSALAM DESA SUMUR GEDANG KECAMATAN PESISIR BUKIT KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:18

Namun Materi Dakwah Guru Pengajian Dalam Meningkatkan Minat belajar Al-Quran Pada TPA di Musholla Darussalam Desa Sumur Gedang Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh memiliki banyak tantangan. di samping situasi dan kondisi masyarakat di era reformasi sekarang, memiliki persoalan yang semakin rumit dan kompleks yang dihadapi oleh umat manusia. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk melihat materi dakwah guru pengajian dalam meningkatkan minat belajar AL-Quran di TPA Musholla Darusalam Desa Sumur Gedang Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh.

Penulis
Koleksi

TERM TIJARAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI TAFSIR AL-MUNIR)

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 09:10

Skripsi ini membahas tentang “Term Tijarah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Tafsir Al-Munir)”. Permasalahan pokok yang muncul dalam skripsi ini adalah Bagaimana penafsiran atau pemahaman Wahbah Az-Zuhaili tentang ayat-ayat tijarah dalam Tafsir Al-Munir. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan term tijarah dalam Al-Qur’an yang dijabarkan kepada dua sub masalah, yaitu: Pertama, Menjelaskan term-term tijarah dalam Al-Qur’an. Kedua, Bagaimana penafsiran Wahbah Az-Zuhaili tentang ayat-ayat tijarah dalam Tafsir Al-Munir. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan).

Penulis
Koleksi

METODE DAKWAH LIQOK DALAM MEMBINA MAHASISWA (STUDI PADA LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AL-QUDWAH IAIN KERINCI)

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 08:59

Metode Dakwah Yang Dikembangkan Oleh LDK Al-Qudwah Institut Agama Islam Negeri Kerinci, adalah sebuah upaya yang sangat berarti sekali untuk mempersiapkan kader-kader LDK untuk siap mengembangkan dakwah dikampus maupun di masyarakat, Metode adalah suatu cara yang ditempuh atau cara yang ditentukan secara jelas untuk mencapai dan menyelesaikan suatu tujuan, rencana, dan sistem, tata pikir manusia.

Penulis
Koleksi

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK UNTUK MELAKSANAKAN SHALAT FARDHU DI DESA KOTO DIAN PULAU TENGAH KECAMATAN KELILING DANAU

Submitted by admin on Tue, 02/15/2022 - 08:53
Peran orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat fardhu di desa Pulau tengah adalah dengan metode pembiasaan, nasihat, cerita dan keteladanan.
Penulis
Koleksi

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 11:20
Mendidik, membimbing, mengajar, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Memberikan pelayanan yang memadai terhadap peserta didiknya yang dibawah tanggung jawabnya. Guru mengevaluasi hasil belajar dengan melalui penilaian praktek dengan bentuk penilaian, yaitu berupa hasil yang meraka buat.
Penulis
Koleksi

HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN SELF DISCLOSURE SISWA TERHADAP GURU BK DI SMP NEGERI 24 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 11:16
dap guru BK dan masih ada guru BK yang menunjukkan sikap-sikap yang tidak sesuai dengan kompetensi yang harus dipenuhi oleh seorang guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kompetensi Sosial Guru BK, 2) Self Disclosure siswa, 3) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru BK dengan Self Disclosure Siswa terhadap Guru BK. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatankorelasional dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 24 Kerinci yang berjumlah 78 orang.
Penulis
Koleksi

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS XI SMK NEGERI 1 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 11:07
Metode pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Penulis
Koleksi

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI MTs SWASTA LHULO

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 10:50
Jenis Kesulitan belajar matematika pokok bahasan lingkaran pada siswa kelas VIII di MTs Swasta Lhulo Kecamatan Bukit Kerman adalah: kesulitan siswa dalam memahami maksud dari soal pada materi lingkaran, kesulitan siswa terkait dalam pemahaman soal cerita, kesulitan menjawab soal-soal yang berkaitan dengan konsep awal lingkaran, kesulitan dalam memahami konsep dari rumus luas dan keliling lingkaran, dan kesulitan menggunakan operasi hitung yang benar, sehingga walaupun rumus sudah benar hasilnya akan salah karena salah dalam operasi matematikanya. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar ma
Penulis
Koleksi

PENGEMBANGAN VIDEO BLOG (VLOG) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI MEDIA PENUNJANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 10:37
Adanya wabah pandemi covid-19 mempengaruhi berbagai aspek dibidang kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan. Mendikbud turut mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi yaitu dengan mengalihkan pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Namun pelakasanaan pembelajaran tidak mudah dilakukan karena ada beberapa faktor yang menyababkan kecemasan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran daring.
Penulis
Koleksi

"استخدام الصور المتحركة في فهم العبارات اللغة العربية فى المدرسة الثانوية مؤسسة التربية الإسلامية كايوا أرو "

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 10:26

خلفية البحث هذا هي نتائج الملاحظات التي تظهر أن فهم العبارات اللغة العربية الطلاب فصل الثمانية (أ) المدرسة الثانوية مؤسسة التربية الإسلامية كايو أرو لاتزال منخفضة. لايزال هناك العديد من الطلاب الذين يجدون صعوبة تعلم اللغة العربية. المدرس لا يستخدم أيضا الأساليب التي تسهل على الطلاب فهم المواد المقدمة. بالإضافة إلى ذلك، لايكون العديد من الطلاب متحمسين وغير نشطين عند حدوث عملية التعلم. بحيث لايزال فهم الطلاب العبارات اللغة العربية منخفضّا، خاصة أن تعبيرات التحية باللغة العربية ستؤثر على نتائج تعلم الطلاب.

Penulis
Koleksi

TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DARING DI SMP NEGERI 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 02/14/2022 - 10:19
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran IPA berbasis daring dan proses pembelajaran daring di SMPN 1 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Penuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara , angket ( kuesioner ) dan dokumentasi.
Penulis
Koleksi