Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran IPA berbasis daring dan proses pembelajaran daring di SMPN 1 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Penuh. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara , angket ( kuesioner ) dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawacara atau pengamatan serta hasil pengisian kuesioner mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Hasil analisis data akan dibagi menjadi dua bagian yaitu, data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data deskrptif berupa kata-kata atau symbol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring di SMPN 1 Sungai Penuh sudah berjalan dengan baik. Setiap siswa melalakukan pembelajaran melalui Handphone dengan memanfaatkan WhatApps Group sebagai media pembelajaran. Sedangkan dari hasil penyebaran kuesioner ke pada siswa kelas VIII C sebanyak 20 item pernyataan dengan 30 orang responden. Diperoleh jawaban ‘’ sangat setuju ‘’ sebanyak 88% dari pilihan jawaban sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jawaban ‘’ sangat setuju ‘’ mengindikasikan bahwa mereka mengalami kejenuhan belajar selama dilaksanakannya pembelajaran daring. Karena sebanyak 20 item pernyataan yang diberikan bersifat tertutup dengan mengacu pada indikator-indikator pada skala Burnout