Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk melihat : 1) bagaiman persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap proses pelaksnaan pratikum struktur anatomi hewan 2) bagaimana persepsi mahasiswa terhadap sarana dan prasaran dalam pratikum struktur anatomi hewan 3) bagaimana persepsi mahasiswa terhadap sumber belajar dalam pelaksanaan pratikum struktur anatomi hewan.Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriftif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persepsi mahasiswa terhadap kegiatan asistensi (sumber daya manusia). Secara keseluruhan kegiatan asistensi selama pratikum sudah belum maksimal dikerenakan asisten dosen jarang mendampingi setiap kelompok selama pratikum, Persepsi terhadap teknis pelaksanaan pratikum struktur anatomi. Secara keseluruhan teknis pelaksanaan pratikum struktur anatomi hewan belum maksimal Pada proses pelaksanaan pratikum mahasiswa kekurangan waktu untuk menggambar setelah eksprimen dan mahasiswa sulit menghafal nama-nama latin organ yang di pratikumkan. 2) persepsi mahasiswa terhadap sarana dan prasaran dalam pelaksanaan pratikum sudah sudah lengkap dan pelaksanaan pratikum struktur anatomi hewan. 3) Persepsi mahasiswa terhadap sumber belajar yang digunakan penuntun pratikum secara keseluruhan,gambar di penuntun pratikum kurang jelas karena penuntun pratikum yang diberikan berupa fotocopyan