ANALISIS PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA N 2 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 11:22
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ada diantara beberapa siswa yang tidak menjadwab dari soal berkemampuan tingkat tinggi. Rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan, kendala solusi dalam mengatasi kendala pada penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 2 Kerinci?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Penerapan Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Kerinci Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang menjadi informan kunci berjumlah 12 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskrifif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (Hots) sudah diterapkan serta membuat siswa siswa lebih aktif dan terkemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, juga aktif dalam berdiskusi kelompok, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati langsung materi yang di pelajari. Jadi Penerapan Higher Order Thinking Skill (Hots) dalam proses pembelajaran biologi dapat meningkatkan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Kerinci.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis