Metode pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konstektual dan yang tidak menggunakan metode pembelajaran konstektual.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (exsperiment research) dengan pendekatan kuantitatif dengan membagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan penelitian yang penulis gunakan adalah randomized control group only design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota sungai penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,28 dan nilai ttabel = 1,68 maka thitung> ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konstektual dengan siswa yang tidak menggunakan metode pembelajaran konstektual pada tingkat kepercayaan hasil belajar 95%.