Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi siswa belum bisa mengontrol dirinya dalam penggunaan handphone, yang mana hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada diri pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Pengendalian diri siswa saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19, 2) Ketekunan siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 walau banyaknya hambatan, 3) Perilaku sesuai aturan dan norma siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19, 4) Kemampuan mengontrol emosi siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19, 5) Kemampuan menyesuaikan diri siswa terhadap situasi pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri siswa dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 yaitu: 1) Pengendalian diri siswa saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. 2) Ketekunan siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 walau banyaknya hambatan berada pada kategori sedang. 3) Berperilaku sesuai aturan dan norma siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. 4) Kemampuan mengontrol emosi siswa pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. 5) Kemampuan menyesuaikan diri siswa terhadap situasi pada saat belajar dari rumah dalam menggunakan handphone pada masa pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang.