March 2022

KAJIAN MENGENAI KESULITAN BELAJAR ONLINE TERHADAP MAHASISWA TADRIS BIOLOGI IAIN KERINCI

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 10:15
Penelitian ini bertujuan untuk menggetahui kesulitan belajar online pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bioteknologi menggunakan pembelajaran daring di program studi Tadris Biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara yang berisikan pertanyaan dan di berikan kepada informan melalui google form secara online yang kemudian di analisis secara deskriptif.

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 10:02
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitianya adalah siswa kelas IX A MTs Paulau Pandan yang berjumlah 22 orang. Didalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan kemampuan awal dalam meyelesaikan soal geometri. Untuk mengungkapkan hal tersebut dilaksanakan tes dan wawancara. Pada tes kemampuan berpikir kreatif terdapat 4 orang siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, 15 orang siswa yang memiliki kemampuan awal sedang, dan 3 orang siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi .
Penulis
Koleksi

KONSEP PEMBAHARUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENUJU MASYARAKAT MADANI (Pemikiran Prof. Dr. Muhaimin, MA)

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:45
Untuk mewujudkan masyarakat madani diperlukan upaya pembaharuan pendidikan Islam, di antaranya menurut Muhaimin adalah sebagai berikut: 1. Mengenai pengembangan kurikulum diatas dapat disimpulkan bahwa, satu pihak ada yang menekankan pada isi pembelajaran atau mata kuliah, sedangkan di pihak lain lebih menekankan pada proses, tujuan pembelajaran dan pengalaman belajar.
Penulis
Koleksi

KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN ILMU TAJWID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM MUTIARA AL-MADANI SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:37
1 hasil penyajian dan analisis data tentang bagaimana kemampuan siswa mengaplikasikan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an di SD Islam Mutiara Al-Madani kota Sungai Penuh pada kelas V dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasilakhirnya berjumlah 63,18%.
Penulis
Koleksi

“KOMPARASI KEMAMPUAN BACA TULIS AL - QUR’AN SISWA SD UMUM DAN SISWA SDIT ” (Studi Kasus di SD Negeri 175/III Lindung Jaya dan SDIT Darunnajah)

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:30
1. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas III SD Negeri 175/III Lindung Jaya dengan nilai rata-rata dari keseluruhan siswa didapatkan hasil sebesar 67,75 dikategorikan (cukup) sesuai dengan kriteria penelitian Baca Tulis Al-Qur’an pada tabel 3.5. yang artinya menguasai kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
Penulis
Koleksi

EFEKTIVITAS KEGIATAN MUHADHARAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF SANTRI PONDOK PESANTREN JAMIATUL IKHSANIYAH MUKHTARIYAH AMBAI

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:19
Skripsi ini membahas tentang pengembangan kegiatan muhadharah dalam membentuk karakter kreatif santri di Pondok Pesantren Jamiatul Ikhsaniyah Muktariyah Ambai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya Ustadz dalam membentuk karakter kreatif Santri melalui kegiatan Muhadharah. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif Kualitatif.
Koleksi

PERSEPSI SISWA TENTANG KEWIBAWAAN GURU BK DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL(Studi Deskriptif pada kelas XI SMA Negeri 1 Kerinci Tahun Akademik 2019/2020)

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:16
Penilitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya manfaat layanan bimbingan klasikal yang didapatkan siswa dari guru BK yang mana kewibawaan guru BK dalam memberikan pelayanan bimbingan klasikal berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar mengajar siswa.
Penulis
Koleksi

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:09
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Kerinci pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi kelas VIII. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling atau seluruh populasi dijadikan sampel.
Penulis
Koleksi

Pengaruh Adversity Quotient dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:05
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi berganda dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan penalaran statistik siswa; (2) pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa; (3) pengaruh adversity quotient dan self-efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sungai Penuh pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi kelas X. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumalah 38 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling.
Penulis
Koleksi

أتثيراستخدام منوذجرالتعليمبتخمنيرالكلمةرالتقانرمهارةرالكالمرلدىرالطالب يفرادلدرسةرالثانويةراألسالميةراحلكومية 7 كررجني

Submitted by admin on Fri, 03/18/2022 - 10:08

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukkan bahwa ketrampilan berbicara siswa kelas VII MTsN 7 Kerinci masih rendah. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Ketika gurunya mengajar siswanya masih banyak yang ribut, siswa juga masih banyak yang belum memahami materi yang disampaikan, siswa merasa malu ketika berbahasa Arab, kurangnya motivasi belajar bahasa Arab, dikarenakan metode yang digunakan membuat mereka cepat bosan dalam belajar.

Penulis
Koleksi

PERAN KELUARGA DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI DESA KUBANG GEDANG

Submitted by admin on Fri, 03/18/2022 - 10:03
Keluarga merupakan lingkungan yang pertama adan utama bagi anak. Dalam keluarga peranan orang tua sangatlah penting. Mereka merupakan model atau cermin bagi anak-anak. Oleh karena itu orang tua harus membiasakan, mengawasi, dan membina pendidikan agama pada anak-anaknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1). Mengetahui penerapan pendidikan keteladanan oleh keluarga pada anak usia dini. 2). Mengetahui penerapan pendidikan pembiasaan oleh keluarga pada anak usia dini. 3).
Koleksi

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Fri, 03/18/2022 - 09:58
Diketahui bahwa rata-rata skor minat belajar sebelum perlakuan pada kelas sampel yakni 𝜇1 = 59,57). Dengan rincian, peserta didik sebelum diberikan perlakuan memiliki minat belajar kategori tinggi berjumlah 3 peserta didik (14%), kategori sedang berjumlah 10 peserta didik (48%), dan kategori rendah berjumlah 8 peserta didik (38 %). Diketahui bahwa rata-rata skor minat belajar setelah perlakuan yakni 𝜇2 = 79,52.
Penulis
Koleksi

PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Submitted by admin on Fri, 03/18/2022 - 09:50
Proses pembelajaran biologi dengan sistem daring yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Kerinci yaitu dengan sistem daring berbasis Whatsapp ditambahkan dengan metode ceramah melalui video pembelajaran, serta diskusi, tanya jawab, dan penugasan melalui WA Group. Proses pembelajaran daring terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.
Penulis
Koleksi

تطبيق طريقة الغناء يف تعليم اللغة العربية لطالب ابؼبدرسة الثانوية اغبكومية الطيبة كرقبي

Submitted by admin on Wed, 03/16/2022 - 11:08

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMP At-Thayyibah Kerinci adalah sekolah umum yang latar belakangnya sebagai sekolah yang bernuansa Islami. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pondok pesantren. Fokus dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas VII belum bisa terkendali secara baik, dikarenakan latar belakang sekolah dari siswa dan siswinya bukan lulusan dari MI. Banyak diantara peserta didik yang baru mengenal Bahasa Arab kemudian dalam pemikiran mereka bahwa bahasa Arab itu sulit dimengerti. Sehingga pembelajaran cenderung berjalan tidak efektif.

Koleksi

ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Submitted by admin on Wed, 03/16/2022 - 11:04
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa di SMP Negeri 02 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data dari hasil penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Kerinci yang berjumlah 46 siswa. Dengan menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa subjek dipilih berdasarkan penggolongan gaya belajar.
Koleksi

Kolaborasi Dakwah Ulama dan Umara dalam Perspektif Islam

Submitted by ivansunata on Thu, 03/03/2022 - 09:34

Allah swt dalam banyak ayat menjelaskan bahwa kewajiban dalam menyeru umat tidak hanya dibebankan kepada para pendakwah, melainkan kewajiban seluruh umat. Diantara keseluruhan yang dimaksud adalah adanya peran serta antara Pemimpin dan Ulama. Pemimpin merupakan seseorang yang diberi kuasa dalam menata dan mengatur kehidupan bermasyarakat sesuai dengan aturan dan undangundang yang ada, sedangkan para ulama adalah sosok yang hadir di tengah masyarakat sebagai penuntun dan penerang dalam mengamalkan aspek-aspek ajaran agama yang telah diperintahkan oleh Allah swt dan Rasul-Nya.

Penulis
Koleksi

Persuasi Dakwah Youtube Pada Mahasiswa Islam di Kota Surabaya Selama Pandemi

Submitted by ivansunata on Thu, 03/03/2022 - 09:25

Dakwah youtube memberikan sebuah kemudahan kepada masyarakat agar bisa menikmatinya serta mempelajari materi yang ada pada konten tersebut. Mahasiswa sasaran utama dalam penggunaan youtube baik dari materi kuliah, materi fiqih yang belum mereka ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan pada penelitian ini adalah bagaimana efektifitas video pendek yang ada di story setiap person yang berguna sebagai pengingat karena sejatinya setiap muslim adalah pengingat bagi muslim lainnya.

Penulis
Koleksi

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA DARING DI DESA MUKAI HILIR

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 12:12
1. Dari hasil wawancara yang telah penulis lakukan, dapat diketahui bahwa orang tua cukup menjalankan perannya dalam membimbing pembelajaran pendidikan agama Islam anaknya di rumah selama masa pandemi. 2. Adapun kendala orang tua membimbing anaknya yaitu terkendala dari rendahnya pendidikan orang tua dan kendala kurangnya pemahaman orang tua tentang pendidikan agama Islam. Kendala lainnya yaitu, orang tua cenderung mudah marah dan mengajar sambil marah-marah kepada anaknya di rumah, sehingga anak tidak berminat belajar dengan orang tuanya. 3.
Koleksi

THE EFFECT OF TWO STAY TWO STRAY STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION ACHIEVEMENT OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 5 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 11:48

Reading is one activity to get information from what they already read. Therefore, reading is very important for the students because by reading they can build critical thinking about something that happened around. Based on the preliminary research, the results showed many problems in reading comprehension, one of the problem was the students felt bored in reading text. To solve this problem, the researcher applied Two Stay Two Stray strategy. Two Stay Two Stray strategy is kind of strategy that gives chance to each student in group to share the result and information with others.

Penulis
Koleksi

IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH MNEMONICS TECHNIQUE AT GRADE XI OF SMA NEGERI 5 SUNGAI PENUH ACADEMIC YEAR 2018/2019

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 09:04

Vocabulary is an essential part of language, and also a very important element in the process of teaching and learning a language. The vocabulary can help the students to gain success in studying English language skill. However, based on the data that was obtained from the English teacher at grade XI of SMA N 5 Sungai Penuh academic year 2018/2019, it was found that the students did not have much vocabulary in English, because of that they were not interested in learning English.

Penulis
Koleksi

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X DI MADRASAH ALIYAH (MAN) NEGERI 1 KERINCI

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 08:59
1. Hasil belajar PAI siswa kelas X MAN 1 Kerinci sesudah diberikan strategi pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas adalah adalah 79,52. 2. Hasil belajar PAI siswa kelas X MAN 1 Kerinci sebelum diberikan strategi pembelajaran inkuiri nilai rata-rata kelas adalah adalah 70,00. 3. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh nilai thitung = 2,28 dan nilai ttabel = 1,68 maka thitung > ttabel.
Penulis
Koleksi

PENGARUH PENGAMALAN AKHLAK ISLAMI MELALUI PENDEKATAN PROBLEM CHECK LIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 08:55
Permasalahan dilihat dari hasil ulangan harian salah satu kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Fiqih) didapat data bahwa masih ada siswa belum mencapai hasil yang diharapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengamalan Akhlak Islami Melalui Pendekatan Problem Check List terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Penuh.
Koleksi

ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDMODO

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 08:52
Banyaknya siswa yang tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran matematika secara daring menyebabkan guru sulit untuk mengontrol siswa dan juga sulit untuk menciptakan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala-kendala yang menghambat pembelajaran matematika menggunakan edmodo. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya grounded theory.
Penulis
Koleksi