ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EDMODO

Submitted by admin on Tue, 03/01/2022 - 08:52
Deskripsi/Abstract
Banyaknya siswa yang tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran matematika secara daring menyebabkan guru sulit untuk mengontrol siswa dan juga sulit untuk menciptakan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala-kendala yang menghambat pembelajaran matematika menggunakan edmodo. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitiannya grounded theory. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP N 7 Sungai Penuh.Teknik pengumpulandata menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data,penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu 1) perencanaan penggunaan mediaberhasil dilaksanakan oleh guru., 2) pelaksanaan penggunaan media pembelajaran edmodo sudah runtut mulai dari tahapan pendahuluan,tahap inti dan tahap penutup., 3) evaluasi dilaksanakan denganmaksimal, karena guru bisa memantau kinerja siswa dalam proses pembelajaran melalui media edmodo selama proses pembelajaran berlangsung dan siswa juga tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, bahkan tidak ada lagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas., 4) dan kendala-kendala yang menghambat pembelajaran e-learning menggunakan edmodo dalam pembelajaran matematika yaitu seperti jaringan internet dan juga kurangnya pengawasan dari orang tua siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis