PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Submitted by admin on Sat, 01/27/2024 - 16:34
Deskripsi/Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh siswa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah dengan materi segitiga dan segiempat kuantitatif. Subjek penelitian terdiri seluruh populasi yaitu berjumlah 40 orang dari kelas VII A dan VII B SMP NEGERI 4 KERINCI. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes soal, observasi, dan disertai dengan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji noemalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP NEGERI 4 KERINCI yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang baik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran, lembar soal tes, dan lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen lebih baik kemampuan berpikir kreatifnya dibanding kelas control dilihat dari cara menyelesaikan suatu masalah yang diberikan. Kurangnya kemampuan kreatif pada kelas control disebabkan karena kebanyakan siswa kurang memperhatiakan dan mengusai materi segitiga dan segiempat dan kurangnya dalam mengembangkan suatu ide yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah yang diberikan hanya menjawab dengan apa yang diketahuinya tampa mencari tau ide ataupun cara yang lain.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis