EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM PADA MASA COVID-19

Submitted by admin on Fri, 01/26/2024 - 11:50
Deskripsi/Abstract
SMA Negeri 7 Kerinci bahwasanya selama masa pandemi covid-19 proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring atau online. Dalam penggunaan aplikasi zoom pada pelajaran matematika Kelas XI di SMA Negeri 7 Kerinci belum dilaksanakan secara efektif, ini terlihat dalam pengunaan media aplikasi zoom masih terdapat permasalahn seperti menghabiskan banyak kuota internet, jauh dari jangkauan internet dan jaringan kurang baik digunakan ketika belajar dan masih adanya siswa yang belum bisa mengoperasikan aplikasi Zoom Dengan adanya permasalahan di atas dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika pada peserta didik. Jenis penelitian digunakan adalah jenis analisis data kuantitatif, Sumber Data Data Primer da Data Sekunder, Populasi yaitu 130 orang siswa Sampel 60 siswa Teknik Pengumpulan Data Observasi Kuesioner (Angket), Instrumen menggunakan skala likert. Skala likert Teknik Analisis Data Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskrptif kuantitatif dan kualitatif dari masing-masing komponen yang dievaluasi. Hasil penelitian pembelajaran Diketahui data angket aktifitas belajar siswa diperoleh informasi bahwa siswa yang aktif memiliki persentase tertinggi yakni 48,3%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika secara daring dengan aplikasi zoom pada masa pandemi covid 19 efektif digunakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kerinci; 2) Diketahui data angket penilaian guru terhadap efektifitas pembelajaran matematika secara daring dengan aplikasi Zoom pada masa pandemi Covid-19 diperoleh informasi bahwa rata-rata jawaban guru tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian guru terhadap pembelajaran matematika secara daring dengan aplikasi zoom pada masa pandemi covid 19 efektif digunakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kerinci; 3) Diketahui data angket penilaian guru terhadap efektifitas pembelajaran matematika secara daring dengan aplikasi Zoom pada masa pandemi Covid-19 diperoleh informasi bahwa persentase tertinggi yakni 35% sebanyak 21 orang siswa menjawab efektif, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penilaian siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring dengan aplikasi zoom pada masa pandemi covid 19 efektif digunakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kerinci
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi