Pengaruh Adversity Quotient dan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 09:05
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi berganda dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan penalaran statistik siswa; (2) pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa; (3) pengaruh adversity quotient dan self-efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Sungai Penuh pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi kelas X. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumalah 38 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk variabel adversity quotient dan self-efficacy sedangkan soal bentuk essay untuk variabel kemampuan penalaran statistik., dimana seluruh butir angket dan soal telah di uji secara teoritis dan empiris. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan penalaran statistik siswa dengan koefisien regresi 0,209, T-hitung 6,568 dan R2 0,545; (2) terdapat pengaruh Self-Efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa dengan koefisien regresi 0,100, T-hitung 5,262 dan R2 0,435; dan (3) terdapat pengaruh adversity quotient dan self-efficacy terhadap kemampuan penalaran statistik siswa dengan F-hitung 25,704 dengan sig 0,000 dan R2 0,595.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis