META ANALISIS KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 09:51
Deskripsi/Abstract
Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah akibat penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi peserta didik. Maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan cara mereview, merangkup data dan menganalisis beberapa hasil penelitian yang sudah di publish sebanyak 14 jurnal/skripsi dengan cara statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis secara deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengakses data base google scholar dengan menggunakan aplikasi publish or perish dengan rentang tahun 2017-2022. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) memiliki efek besar terhadap berbagai subjek, diantaranya: hasil effect size berdasarkan kategori secara keseluruhan diperoleh rerata effect size sebesar (kategori besar). Jenis penelitian metode eksperimen sebesar (kategori besar) dan metode PTK sebesar (kategori sedang). Jenjang pendidikan diperoleh bahwa tingkat SMP/MTs sebesar (kategori besar) dan tingkat SMA/MA sebesar (kategori kecil). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) memiliki efek besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis