Deskripsi/Abstract
Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah akibat penggunaan model
pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi peserta didik. Maka salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih
variatif dan inovatif yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan cara mereview, merangkup data dan menganalisis beberapa hasil
penelitian yang sudah di publish sebanyak 14 jurnal/skripsi dengan cara statistika. Metode penelitian
yang digunakan adalah meta-analisis secara deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengakses data base google scholar dengan menggunakan aplikasi publish or perish dengan rentang
tahun 2017-2022. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa model Problem Based Learning
(PBL) memiliki efek besar terhadap berbagai subjek, diantaranya: hasil effect size berdasarkan kategori
secara keseluruhan diperoleh rerata effect size sebesar (kategori besar). Jenis penelitian metode
eksperimen sebesar (kategori besar) dan metode PTK sebesar (kategori sedang). Jenjang
pendidikan diperoleh bahwa tingkat SMP/MTs sebesar (kategori besar) dan tingkat SMA/MA
sebesar (kategori kecil). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan
model Problem Based Learning (PBL) memiliki efek besar terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.