Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
Pegi Pebriani (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning terhadap Kemampuan Argumentasi
Matematis di SMP Negeri 3 Sungai Penuh
Adapun masalah yang terdapat pada penelitian ini yaitu rendahnya
kemampuan argumentasi matematis siswa mengakibatkan siswa kurang maksimal
dalam menyelesaikan permasalahan didalam pembelajaran yang diberikan guru.
Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimana
perbedaan kemampuan argumentasi matematis siswa yang belajar menggunakan
Model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model konvensional
di SMP Negeri 3 Sungai Penuh?
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sungai Penuh kelas VIII
tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas
VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Jenis
penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian (Postest Only Control
Design). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay
dengan 5 butiran soal. Hasil penelitian ini yaitu kelas ekprimen yang
menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol
menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. proses pembelajaran yang
dilakukan dikelas ekperimen yaitu dengan memberikan siswa berupa masalah
yang berkaitan dengan pembelajaran dan siswa dan dibimbing oleh guru untuk
menyelesaikan permasalahan itu. Sedang pada kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran Konvensional, proses yang digunakan yaitu guru
menyampaikan dan menjelaskan pembelajaran kepada siswa dan siswa diminta
oleh guru untuk memberikan umpan balik.
Hasil evaluasi tes yang dilakukan di dua kelas eksperimen-kontrol, dari
hasil kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 76 sedangkan hasil kelas kontrol
dengan rata-rata nilai 66. Setelah dilakukan analisis data yang menggunakan uji-t
diperoleh thitung = 2,0189 dan ttabel = 2,31 sehingga 2,31 > 2,0189. Hal ini berarti
hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat
perbedaan kemampuan argumentasi matematis siswa yang belajar menggunakan
Model Problem Based Learning dengan yang menggunakan model konvensional
di SMP Negeri 3 Sungai penuh.
Koleksi
Subject
Files
Logo Penyerahan Skripsi.pdf4.54 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.