Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi berganda
dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika; (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika; (3) pengaruh konsep diri dan pergaulan teman sebaya
terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 4 Sungai Penuh pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi kelas VIII.
Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk variabel
konsep diri dan pergaulan teman sebaya sedangkan hasil UTS siswa sebagai variabel hasil
belajar siswa dalam pembelajaran matematika, Butir angket dan soal telah diuji secara teoritis
dan empiris. Pengujian hipotesis dilakukan setelah data memenuhi uji asumsi klasik berupa
uji normalitas dan linearitas. Uji korelasi sederhana , dan uji regresi linier berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika sebesar 0.383 (2) terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya
terhadap hasil belajar siswa dalam matematika 0.350. (3) terdapat pengaruh secara bersama
sama antara konsep diri dan pergaulan teman sebaya terhadap pemahaman hasil belajar siswa
dalam matematika sebesar 46.386.Slot Gacor Hari Ini
Slot Gacor
Slot Gacor
GB777 Slot Gacor
Scatter Hitam
GB777 Slot Gacor Hari Ini
GB777 Slot Gacor Hari Ini
Slot Gacor
GB777 Slot Gacor Hari Ini
777one
777one
777one
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.