Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi berganda dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika; (2) pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika; (3) pengaruh konsep diri dan pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sungai Penuh pada tahun ajaran 2020/2021 dengan populasi kelas VIII. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk variabel konsep diri dan pergaulan teman sebaya sedangkan hasil UTS siswa sebagai variabel hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, Butir angket dan soal telah diuji secara teoritis dan empiris. Pengujian hipotesis dilakukan setelah data memenuhi uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan linearitas. Uji korelasi sederhana , dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 0.383 (2) terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa dalam matematika 0.350. (3) terdapat pengaruh secara bersama sama antara konsep diri dan pergaulan teman sebaya terhadap pemahaman hasil belajar siswa dalam matematika sebesar 46.386.