ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN GRADED RESPONSE MODELS (GRM)

Submitted by admin on Thu, 01/25/2024 - 13:44
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan penalaran statistik dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis butir soal kemampuan penalaran statistik peserta didik dengan menggunakan Graded Response Models (GRM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTsS Nurul Haq Semurup tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Data kemampuan penalaran statistik dikumpulkan melalui tes tertulis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan peenskoran Graded Response Models (GRM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori kemampuan tinggi secara umum dapat mengerjakan soal tes kemampuan penalaran statistik dengan baik sesuai kriteria kemampuan penalaran statistik. Sedangkan peserta didik dengan kemampuan sedang secara umum belum mampu mengerjakan soal tes kemampuan penalaran statistik dengan baik sesuai kriteria kemampuan penalaran statistik. Sementara itu peserta didik berkemampuan rendah secara umum belum mampu sama sekali dalam mengerjakan soal tes kemampuan penalaran statistik dengan baik sesuai kriteria kemampuan penalaran statistik.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi