ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Submitted by admin on Fri, 03/25/2022 - 10:02
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitianya adalah siswa kelas IX A MTs Paulau Pandan yang berjumlah 22 orang. Didalam penelitian ini untuk melihat bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan kemampuan awal dalam meyelesaikan soal geometri. Untuk mengungkapkan hal tersebut dilaksanakan tes dan wawancara. Pada tes kemampuan berpikir kreatif terdapat 4 orang siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, 15 orang siswa yang memiliki kemampuan awal sedang, dan 3 orang siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi . dalam menyelesaikan soal geometri peneliti menganalisis jawaban siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, sedang dan tinggi kemudian melakukan wawancara untuk memastikan jawaban siswa. Setelah melakukan wawancara terhadap siswa, peneliti menganilis kemampuan berpikir kreatif berdasarkan kemampuan awal siswa. Diperoleh hasil bahwa rata-rata 95 siswa berkemampuan awal tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi, 78,6 siswa berkemampuan awal sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang sedang, dan 28,75 siswa berkemampuan awal rendah akan memiliki kemampuan berpiki kreatif rendah. Jadi semakin tinggi kemampuan awal siswa maka akan semakin tinggi kemampuan berpikir kreatifnya.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis