Deskripsi/Abstract
Ilmu matematika memegang peranan penting dalam membantu siswa mengatasi
persoalan dalam kehidupan sehari-hari. National Council Of Teacher Of Mathematics
(NCTM) (dalam Saputro & Mampouw, 2018) mengemukakan aljabar merupakan subbidang dari matematika yang memanfaatkan teori-teori matematika guna
menggambarkan keterkaitan antar objek. Oleh karena itu, penggunaan aljabar dalam
pengajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa, yang
dikenal sebagai kemampuan berpikir aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam
peneltian ini adalah kualitatif. Menurut Wijaya (2018) penelitian kualitatif adalah suatu
bentuk penelitian yang berlandaskan pada filosofi post-positivis yang menonjolkan
penalaran induktif serta memanfaatkan data deskriptif sebagai dasar untuk menarik
kesimpulan tentang implikasi yang lebih mendalam dari serangkaian generalisasi.
Berdasarkan hasil dari analisis data dan pembahasan penelitian mengenai kemampuan
berpikir aljabar siswa SMP Negeri 12 Kota Sungai Penuh kelas IX A dalam menyelesaikan
soal materi SPLDV, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa IX A
terbagi menjadi tiga kategori yaitu terdapat 13,63% siswa kemampuan tingkat tinggi,
27,28% siswa kemampuan tingkat sedang dan 59,09% siswa yang kemampuan aljabar
tingkat rendah.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.