ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 12 KOTA SUNGAI PENUH PADA MATERI SPLDV

Submitted by admin on Tue, 03/26/2024 - 10:16
Deskripsi/Abstract
Ilmu matematika memegang peranan penting dalam membantu siswa mengatasi persoalan dalam kehidupan sehari-hari. National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM) (dalam Saputro & Mampouw, 2018) mengemukakan aljabar merupakan subbidang dari matematika yang memanfaatkan teori-teori matematika guna menggambarkan keterkaitan antar objek. Oleh karena itu, penggunaan aljabar dalam pengajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa, yang dikenal sebagai kemampuan berpikir aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah kualitatif. Menurut Wijaya (2018) penelitian kualitatif adalah suatu bentuk penelitian yang berlandaskan pada filosofi post-positivis yang menonjolkan penalaran induktif serta memanfaatkan data deskriptif sebagai dasar untuk menarik kesimpulan tentang implikasi yang lebih mendalam dari serangkaian generalisasi. Berdasarkan hasil dari analisis data dan pembahasan penelitian mengenai kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Negeri 12 Kota Sungai Penuh kelas IX A dalam menyelesaikan soal materi SPLDV, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa IX A terbagi menjadi tiga kategori yaitu terdapat 13,63% siswa kemampuan tingkat tinggi, 27,28% siswa kemampuan tingkat sedang dan 59,09% siswa yang kemampuan aljabar tingkat rendah.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi