PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:08
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bimbingan orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memakai analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini dilakukan di MTsS Tanah Kampung dengan subjek penelitian adalah siswa kelah VIII. Beradasarkan hasil validasi oleh para ahli pada angket yang digunakan untuk memperoleh data penelitian lalu dilakukan lagi pengujian validitas dengan menggunkan aplikasi SPSS untuk uji kelayakan intrumen penelitian yaitu r hitung lebih besar dari r tabel maka semua pernyatan dikatakan valid dan layak digunakan dengan nilai r hitung > 0,294. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan ditunjukan hasil dari penghitungan data memakai aplikasi SPSS dimana nilai t hitung 0,647 > t tabel 0,294. Dari hasil penelitian pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa maka didapatkan hasil dari penghitungan menggunakan aplikasi SPSS yaitu tidak terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan menunjukkan nilai t hitung -0,376 < t tabel 0,294 yang diperolah dari hasil penghitungan data memakai aplikasi SPSS. Jadi dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dan tidak terdapat pengaruh antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh nilai t hitung X1 0,397 > t tabel 0,294 sedangkan nilai t hitung X2 -0,288 < t tabel 0,294.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi