1. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas III SD Negeri 175/III Lindung Jaya dengan nilai rata-rata dari keseluruhan siswa didapatkan hasil sebesar 67,75 dikategorikan (cukup) sesuai dengan kriteria penelitian Baca Tulis Al-Qur’an pada tabel 3.5. yang artinya menguasai kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). Nilai tersebut diambil dari rata-rata nilai raport para siswa. 2. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) siswa kelas III SDIT Darunnajah didapatkan 2 hasil dari keseluruhan siswa dengan nilai rata-rata siswa kelas unggul 80,416 dikategorikan (baik) dan kelas reguler 66,090 dikategorikan (cukup) sesuai dengan kriteria penelitian Baca Tulis Al-Qur’an yang telah ditentukan. e. Faktor yang mempengaruhi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa SD Negeri 175/III Lindung Jaya dan SDIT Darunnajah yaitu mencakup faktor pendukung dan faktor penghambat. Dalam hal ini Faktor pendukung dan faktor penghambatnya yaitu, terdiri atas faktor Internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: a). Bersungguh-sungguh, b). Keinginan yang kuat, c). Motivasi dari diri sendiri, d). Mengatur waktu yang baik. Sedangkan faktor eksternal meliputi: a). Adanya pendamping/guru, b). Lingkungan yang mendukung, c). Fasilitas yang memadai, d). Adanya peraturan yang tegas. f. Faktor penghambat Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa SD Negeri 175/III Lindung Jaya dan SDIT Darunnajah yaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: a). Kurangnya kesadaran diri untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran, b). Niat yang tidak istiqomah, c). Rasa malas, d). Kurangnya motivasi dari diri sendiri, e). Perasaan mudah menyerah dan, f). Tidak adanya target hafalan dari santri itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penghambat meliputi: a). Kesibukan santri yang berbeda-beda, b). Penggunaan alat komunikasi seperti Handphone yang kurang bijak, c). Kurangnya motivasi dari luar, d). Penggunaan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat atau sia-sia.