Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMP At-Thayyibah Kerinci adalah sekolah
umum yang latar belakangnya sebagai sekolah yang bernuansa Islami. Hal ini ditunjukkan
dengan adanya pondok pesantren. Fokus dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas VII belum
bisa terkendali secara baik, dikarenakan latar belakang sekolah dari siswa dan siswinya bukan
lulusan dari MI. Banyak diantara peserta didik yang baru mengenal Bahasa Arab kemudian
dalam pemikiran mereka bahwa bahasa Arab itu sulit dimengerti. Sehingga pembelajaran
cenderung berjalan tidak efektif. Dari berbagai metode pembelajaran yang telah diterapkan, tidak
ada satupun yang cocok untuk diterapkan pada siswa kelas VII, untuk menghilangkan persepsi
mereka terhadap bahasa Arab itu sulit maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian
yang mengkaji tentang penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa
SMP At-Thayyibah Kerinci.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode bernyanyi
dalam pembelajaran bahasa arab siswa SMP Atthayyibah Kerinci ?, Apa faktor pendukung dan
penghambat yang ada dalam penerapan metode bernyanyi terhadap pembelajaran bahasa Arab ?,
dan Bagaimana peningkatan kosa kata bahasa Arab siswa setelah penerapan metode bernyanyi ?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafal
kosakata dengan menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. penelitian ini dilakukan pada siswa kelas
VII F dengan fokus penelitian peningkatan kosa kata siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang peneliti
gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan peneliti, bahwa metode bernyanyi sangat
berpengaruh dalam pembelajaran bahasa Arab, hal ini dilihat dari penerapan metode yang
dilakukan dengan baik dan kerja sama guru dengan peneliti dapat memotivasi belajar siswa
dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian ada peningkatan yang nyata dalam jumlah kosa kata
siswa. Tentunya dalam sebuah penerapan metode dalam pembelajaran terdapat faktor pendukung
dan penghambat. Faktor pendukung metode bernyanyi adalah dengan lagu lagu yang familiar
dikalangan peserta didik akan mempermudah mereka dalam menghafal, kemampuan guru dalam
praktek metode bernyanyi, motivasi siswa. Adapun untuk faktor penghambat yaitu metode ini
akan sulit diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter pendiam, maka solusinya guru harus
bisa melakukan pendekatan yang lebih terhadap siswa yang seperti ini.
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.