تطبيق طريقة الغناء يف تعليم اللغة العربية لطالب ابؼبدرسة الثانوية اغبكومية الطيبة كرقبي

Submitted by admin on Wed, 03/16/2022 - 11:08
Deskripsi/Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMP At-Thayyibah Kerinci adalah sekolah umum yang latar belakangnya sebagai sekolah yang bernuansa Islami. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pondok pesantren. Fokus dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas VII belum bisa terkendali secara baik, dikarenakan latar belakang sekolah dari siswa dan siswinya bukan lulusan dari MI. Banyak diantara peserta didik yang baru mengenal Bahasa Arab kemudian dalam pemikiran mereka bahwa bahasa Arab itu sulit dimengerti. Sehingga pembelajaran cenderung berjalan tidak efektif. Dari berbagai metode pembelajaran yang telah diterapkan, tidak ada satupun yang cocok untuk diterapkan pada siswa kelas VII, untuk menghilangkan persepsi mereka terhadap bahasa Arab itu sulit maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa SMP At-Thayyibah Kerinci. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa arab siswa SMP Atthayyibah Kerinci ?, Apa faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam penerapan metode bernyanyi terhadap pembelajaran bahasa Arab ?, dan Bagaimana peningkatan kosa kata bahasa Arab siswa setelah penerapan metode bernyanyi ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafal kosakata dengan menerapkan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F dengan fokus penelitian peningkatan kosa kata siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang peneliti gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan peneliti, bahwa metode bernyanyi sangat berpengaruh dalam pembelajaran bahasa Arab, hal ini dilihat dari penerapan metode yang dilakukan dengan baik dan kerja sama guru dengan peneliti dapat memotivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian ada peningkatan yang nyata dalam jumlah kosa kata siswa. Tentunya dalam sebuah penerapan metode dalam pembelajaran terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung metode bernyanyi adalah dengan lagu lagu yang familiar dikalangan peserta didik akan mempermudah mereka dalam menghafal, kemampuan guru dalam praktek metode bernyanyi, motivasi siswa. Adapun untuk faktor penghambat yaitu metode ini akan sulit diterapkan pada siswa yang mempunyai karakter pendiam, maka solusinya guru harus bisa melakukan pendekatan yang lebih terhadap siswa yang seperti ini.

Slot Demo Slot Gacor Slot Online Slot Demo Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi