Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa di SMP Negeri 02 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data dari hasil penelitian. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Kerinci yang berjumlah 46 siswa. Dengan menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa subjek dipilih berdasarkan penggolongan gaya belajar. Subjek penelitian ini terdapat 18 siswa gaya belajar visual, 16 gaya belajar auditori dan 12 gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan (1) kemampuan metakognisi siswa visual dalam memecahkan masalah diperoleh 86 % dengan kategori sangat baik. (2) kemampuan metakognisi siswa visual