Kesulitan belajar dapat diterjemahkan dari fenomena dimana siswa mengalami kesulitan ketika mereka gagal mencapai tingkat kualifikasi tertentu untuk hasil belajar yang didasarkan pada besarnya kriteria keberhasilan yang dinyatakan dalam tujuan pendidikan atau tingkat perkembangan. Kesulitan belajar akademik mengacu pada kegagalan untuk mencapai prestasi akademik termasuk membaca, menulis, atau belajar keterampilan matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Jenis kesalahan apa sajakah yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Pulau Pandan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Statistika, (2) Faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas VIII MTs Pulau Pandan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Statistika. Metode penelitian yang digunakan ialah Metode kualitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 kelas. Temuan dalam penelitian ini adalahJenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Pulau Pandan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Statistika dominan pada kesalahan konsep. Dari seluruh sabjek penelitian ini rata-rata siswa tidak memahami konsep dari materi. Selain konsep siswa juga melakukan kesalahan pada prinsip terutama dalam penarikan kesimpulan dari hasil yang didapatkanya. KemudianFaktor yang menyebabkan siswa kelas VIII MTs Pulau Pandan melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan Statistika adalah Akibat dari kesalahan yang dilakukan sebelumnya, tidak paham dengan hal yang ditanyakan dalam soal, tidak melakukan penarikan kesimpulan. Ketidak telitian dalam melakukan proses perhitungan. Tidak paham perhitungan dengan cara bersusun.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI HANISA.pdf1.74 MB
File tanda tangan.pdf2.79 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.