March 2024

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH BILIK PADI DAN JIROK KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:30
Budaya dan matematika sangat erat kaitannya salah satunya jirok dan bilik padi.pada jirok dan bilik padi terdapat banyak sekali unsur matematika. Selain memiliki unsur matematika hal tersebut juga ada kaitannya dengan sejarah sehingga tidak hanya matematika saja akan tetapi sejarah juga terdapat pada jirok dan bilik padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikanpeninggalanpeninggalan yang sudah hampir terlupakan dikalangan anak muda dan juga mengenalkan unsurunsur matematika seperti geometri yang bisa dilihat pada bangunan jirok dan bilik padi.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMANFAATAN BARANG-BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI MA KOTO RENDAH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:28
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan pemanfaatan barang-barang bekas sebagai media pembelajaran biologi pada materi sistem pernapasan di kelas XI MA Koto Rendah. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Koto Rendah.
Koleksi

PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 6 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:26
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajardenganm enggunakanpendekatanlingkungansekitardiSMANegeri6Kerinci. DalampenelitianinimenggunakanjenispenelitianjenispenelitianiniadalahQ uasiExperimenmetodekuantitatif.PenelitianinidilakukandiSMANegeri6Kerinci.Sa mpeldalampenelitianiniadalahkelasXSMANegeri6Kerincisebanyak43orang Berdasarkanhasildanpembahasanpenelitiandapatdiperolehkesimpulanbah wa:(1)hasilbelajarsiswakelasXIPA1SMANegeri6Kerincipadamateripencemaranli ngkunganmemperolehnilaiminimum77,84,nilaimaximum94,52,dannilairatarata(mean)86,43.(2)hasilbelajarsiswakelasXIPA3SMANegeri
Penulis
Koleksi

Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:23
Pemahaman konsep merupakan kemampuan penting dalam matematis, tetapi capaiannya belum maksimal. Penelitian deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs dalam menyelesaikan masalah matematika pada bentuk aljabar. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes berupa 3 buah soal uraian kemampuan pemahaman konsep matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan cara mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Penulis
Koleksi

EFL STUDENTS’ VOCABULARY ACQUISITION ON PLAYING ONLINE GAME MOBILE LEGENDS AT THE ENGLISH DEPARTMENT OF STATE ISLAMIC INSTITUTE OF KERINCI ACADEMIC YEAR 2022/2023

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:21
Pada fenomena yang terjadi di kampus Institut Agama Islam Negeri Kerinci ini, terdapat beberapa mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris yang tertarik untuk bermain Mobile Legends. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perolehan kosa kata mahasiswa yang bermain game online Mobile Legend, dan apa saja jenis penguasaan kosakata dalam bermain game online Mobile Legends. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif, khususnya dalam penelitian ini menggunakan survei. Terdapat 132 mahasiswa sebagai populasi, dan sebagai sampel terdapat 35 mahasiswa.
Penulis
Koleksi

ANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:18
Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural merupakan upaya pengelolaan pendidikan yang didalamnya terdapat proses mempengaruhi, memotifasi kreatifitas anak didik dalam memahami perbedaan dan dapat diterima sebagai hal yang alamiah dan tidak menimbulkan tindakan diskriminatif.
Penulis
Koleksi

HUBUNGAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:14
This study aims to determine wheter or not there is a relationship between ESQ and student’s learning motivation on mathematical problem solving abilities.The importance of mathematical problem solving skills so that students are able to process, assess, and analyze the problems they fave. This research was conducted in junior high schoolin class X even semester of the academic year. This type of research uses quantitative research. The data collection technique was carried out by giving students problem-solving ability test questions, learning motivation and ESQ questionnaires.
Koleksi

IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:10
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum yang begitu cepat menjadikan guru BK tidak adaptif dan belum siap menghadapi perubahan dalam memahami kurikulum merdeka, sehingga guru bimbingan dan konseling masih berpacu pada kurikulum sebelumnya dalam menerapkan kurikulum merdeka.
Koleksi

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 11 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:06
Pada masa Pandemi Covid-19, lembaga pendidikan sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Untuk daerah yang termasuk zona hijau, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dengan waktu yang terbatas serta mematuhi protokol kesehatan. Salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan oleh sekolah adalah pembelajaran berbasis Blended Learning, termasuk di SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Manajemen,perencanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis Blended Learning di SMP Negeri 11 Sungai Penuh. 2.
Koleksi

STATEGI ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK DI DESA SEKUNGKUNG

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:03
Skripsi ini membahas tentang stategi orang tua tunggal (single parent) dalam mendidik akhlak anak di desa Sekungkung Kecamatan Depati Tujuh Kabupaten Kerinci. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendapat tentang orang tua tunggal dalam mendidik akhlak anaknya khususnya di desa Sekungkung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling.
Penulis
Koleksi

PERAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MTSN 6 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:57
Penelitian ini menuntut peran guru yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTsN 6 Kerinci. Yakni: 1) kondisi pengetahuan membaca al-Qur’an siswa MTsN 6 Kerinci. 2) peran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTsN 6 Keirnci. 3) faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa MTsN 6 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Koleksi

MULTIKULTURALISME PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER CULTURE RELIGIOUS SISWA DI MTS NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:54
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yaitu Masih rendahnya siswa MTs Negeri 2 Sungai Penuh dalam menerapkan budaya beragama (Culture Religious). Penguatan karakter religius hanya mengandalkan pembelajaran PAI di sekolah saja, rasanya sangat kurang. Maka dari itu, kegiatan tersebut haruslah ditunjang dengan kegiatan diluar jam pelajaran, yakni kegiatan ekstrakurikuler .
Penulis
Koleksi

HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs TANAH KAMPUNG

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:52
Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak peserta yang kurang mendapat perhatian orang tua mereka yang berdampak pada kurangnya perhatian dan motivasi yang diperoleh dari orang tua mereka untuk mendukung kegiatan belajar di lingkungan sekolah. Minimnya perhatian yang diperoleh siswa akan berdampak terhadap motivasi belajar dalam bentuk nilai ulangan mereka disekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: adakah hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa di MTs Tanah Kampung?
Koleksi

STRATEGI KOMUNIKASI NILAI-NILAI DAKWAH DALAM PROGRAM ZAKAT JADI BERKAH BSI KCP DI DAERAH SIBUHUAN

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:48
“Strategi Komunikasi Nilai-nilai Dakwah dalam Program Zakat Jadi Berkah BSI KCP di Daerah Sibuhuan. Strategi komunikasi merupakan suatu rencana yang efektif untuk menyampaikan suatu pesan sedemikian rupa sehingga mudah dipahami oleh komunikator dan dapat diterima serta mengubah sikap dan perilaku masyarakat. Nilai-nilai dakwah ialah nilai yang mengandung unsur-unsur kebaikan yang sesuai dengan ajaran syari’at Islam dan menjadi kebiasaan umat Islam dalam melaksaakannya.
Koleksi

POLA ASUH ORANG TUA DAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) DESA PALING SERUMPUN

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:46
Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berhubungan dengan anaknya. Sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, antara lain dari cara orang tua memberikan pengaturan kepada anak, cara memberikan hadiah dan hukuman, cara orang tua menunjukkan otoritas dan cara orang tua memberikan perhatian, tanggapan terhadap keinginan anakBerdasarkan studi pertama, peneliti menemukan bahwa beberapa siswa Di desa Paling Serumpun khususnya pendidikan kanak-kanak (TK), sudah menerapkan pola asuh yang baik namun, masih terdapat beberapa anak yang pola asuhnya tidak sesuai dengan karakter peduli sosial.
Penulis
Koleksi

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERILAKU WARIA DI KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:41
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perubahan perilaku pada waria dan bagaimana pola perubahan perilaku pada kelompok waria, kemudian untuk mengetahui pandangan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam mengenai waria. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang pekerja salon atau kapster salon dan 1 guru Bimbingan dan Konseling. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan porpusive sampling dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi.
Koleksi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM PENCERNAAN DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:39
Penelitian ini didasari atas kemajuan teknologi dalam pendidikan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Terbatasnya sumber belajar yang digunakan oleh siswa berupa buku paket dan ditambah dengan metode pengajaran yang mengandalkan metode ceramah. Dari masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis videoscribe yang dikembangkan, serta mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagajaran.
Koleksi

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:35
Siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat bersaing dengan kompetitor lain di dunia digital yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 14 siswa kelas VII A di MTSN 6 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan materi bentuk aljabar.

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MAN 1 KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:31
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, metode pembelajaran aktif Question Student Have dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Question Student Have pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru fiqih, dan beberapa orang siswa kelas X PAI 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Penulis
Koleksi

THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ READING HABIT AND THEIR ABILITY IN READING COMPREHENSION OF REPORT TEXT AT THE ELEVENTH GRADE OF SMAN 10 KERINCI ACADEMIC YEAR 2021/2022

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:28
Skripsi ini bertujuan untuk melihat hubungan antara reading habit dan kemampuan membaca report text siswa kelas sebalas di SMAN10 Kerinci, ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antar kedua variable tersebut. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Kemudian populsai dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMAN 10 Kerinci. Dan sampel peneilitian ini menggunakan random sampling yang mana 27 siswa telah dijadikan sebagai sampel.
Penulis
Koleksi

PENGARUH KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN JURUSAN PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:25
Kepuasan mahasiswa merupakan perasaan secara psikologis seseorang terhadap hasil atau produk yang diharapkan berdasarkan pengalaman, pengetahuan sebelumnya yakni di dalam memorinya. Sedangkan Pelayanan akademik yang bertujuan memperoleh kepuasan makasiswa dan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa.
Koleksi

INFLUENTIAL OR INFLUENCED: EXRLORING FACTORS AFFECTING ACADEMIC SUCCESS OF TADRIS BIOLOGY STUDENTS IN ISLAMIC HIGHER EDUCATION

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:22
Islamic Higher Education often serves as a pivotal educational centre, cultivating knowledge and fostering academic growth. Understanding the factors influencing students' academic performance, particularly in specialized fields like Tadris Biology, holds significance in optimising educational strategies and support systems. This study aims to ascertain the variables that impact the Cumulative Achievement Index of Tadris Biology students at Islamic universities. The research methodology employed is qualitative, using Grounded Theory analysis techniques.

Tren Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Tahun 2021-2022

Submitted by admin on Tue, 03/26/2024 - 10:21
The publication as the results of mathematics education research has increased and developed from time to time, especially in accredited national journals. This study aims to provide an overview of research trends in mathematics education published in Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika which accredited on grade Sinta 2 and to identify opportunities for future mathematics education research. This research is a scoping literature review using the five-stage framework of Arksey & O'Malley.

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 12 KOTA SUNGAI PENUH PADA MATERI SPLDV

Submitted by admin on Tue, 03/26/2024 - 10:16
Ilmu matematika memegang peranan penting dalam membantu siswa mengatasi persoalan dalam kehidupan sehari-hari. National Council Of Teacher Of Mathematics (NCTM) (dalam Saputro & Mampouw, 2018) mengemukakan aljabar merupakan subbidang dari matematika yang memanfaatkan teori-teori matematika guna menggambarkan keterkaitan antar objek. Oleh karena itu, penggunaan aljabar dalam pengajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa, yang dikenal sebagai kemampuan berpikir aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah kualitatif.