Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, metode pembelajaran aktif Question Student Have dan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Question Student Have pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru fiqih, dan beberapa orang siswa kelas X PAI 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi yaitu merangkum dan memilih hal-hal yang pokok, data display atau penyajian dalam bentuk uraian singkat, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif Question Student Have dilakukan secara tulisan, agar memudahkan siswa dalam mencari pertanyaan yang tepat dan mudah dipahami. Sebelum menggunakan metode ini siswa mempersiapkan kertas kosong untuk membuat pertanyaan yang akan diajukan, serta alat tulis lainnya. Hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan nilai harian siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran aktif Question Student Have