Deskripsi/Abstract
Pembina asrama dalam memberikan pelajaran pada santri baru
merupakan tangung jawab bagi pembina asrama karena pembina asrama selalu
berada di lingkungan santri baru. Adapun kegiatan belajar mengajar di
pesantren Nurul Haq yang sudah berjalan dalam aspek pembinaan serta
pemberdayaan terhadap santri di antaranya adalah kegiatan dakwah, baca tulis
alquran dan muhadharoh. Dalam pembinaan yang dilakukan oleh pembina
asrama terhadap santri baru, yakni masih terdapat santri baru masih belum
bisa beradaptasi dengan pembelajaran di Pondok Pesantren.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, sedangkan lokasi penelitian adalah pesantren nurul haq semurup.
objek dan subjek penelitian, informan penelitian, jenis data, teknik
pengumpulan data, instrumen penelitian, uji keabsahan data dan teknik
analisis data.
Hasil pembahasan Pelaksanaan pembinaan pembelajaran bagi santri baru
dalam pelaksanaanya adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan pembelajaran
yang disusun oleh Pihak Pondok Pesantren Nurul Haq berupa Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran dimulai,
Ustadz selalu melakukan pretest guna mengingatkan kembali materi yang
sudah diajarkan sesuai dengan RPP. 2) Faktor-faktor yang dihadapi oleh
pembina asrama dalam menumbuhkan minat belajar santri baru pondok
pesantren adalah terdapatnya faktor-faktor seperti keadaan fisik santri,
Kepribadian santri Lingkungan Asrama dan dukungan sosial. 3) Peran
pembina asrama untuk menumbuhkan minat belajar santri di pondok
pesantren Nurul Haq Semurup dengan menggunakan pendekan nasehat dan
menanamkan nlai-nilai keagamaan. niat baik yang tulus sebgai peganti orang
tua untuk memberikan pengarahan dorongan maka hasilnya didapat juga baik.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI DICHA ISWA.pdf1.12 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.