PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN NURUL HAQ SEMURUP

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:39
Deskripsi/Abstract
Pembina asrama dalam memberikan pelajaran pada santri baru merupakan tangung jawab bagi pembina asrama karena pembina asrama selalu berada di lingkungan santri baru. Adapun kegiatan belajar mengajar di pesantren Nurul Haq yang sudah berjalan dalam aspek pembinaan serta pemberdayaan terhadap santri di antaranya adalah kegiatan dakwah, baca tulis alquran dan muhadharoh. Dalam pembinaan yang dilakukan oleh pembina asrama terhadap santri baru, yakni masih terdapat santri baru masih belum bisa beradaptasi dengan pembelajaran di Pondok Pesantren. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan lokasi penelitian adalah pesantren nurul haq semurup. objek dan subjek penelitian, informan penelitian, jenis data, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, uji keabsahan data dan teknik analisis data. Hasil pembahasan Pelaksanaan pembinaan pembelajaran bagi santri baru dalam pelaksanaanya adalah sebagai berikut: 1). Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh Pihak Pondok Pesantren Nurul Haq berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran dimulai, Ustadz selalu melakukan pretest guna mengingatkan kembali materi yang sudah diajarkan sesuai dengan RPP. 2) Faktor-faktor yang dihadapi oleh pembina asrama dalam menumbuhkan minat belajar santri baru pondok pesantren adalah terdapatnya faktor-faktor seperti keadaan fisik santri, Kepribadian santri Lingkungan Asrama dan dukungan sosial. 3) Peran pembina asrama untuk menumbuhkan minat belajar santri di pondok pesantren Nurul Haq Semurup dengan menggunakan pendekan nasehat dan menanamkan nlai-nilai keagamaan. niat baik yang tulus sebgai peganti orang tua untuk memberikan pengarahan dorongan maka hasilnya didapat juga baik.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis