Deskripsi/Abstract
Pada masa Pandemi Covid-19, lembaga pendidikan sekolah
melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Untuk daerah yang
termasuk zona hijau, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dengan waktu
yang terbatas serta mematuhi protokol kesehatan. Salah satu inovasi
pembelajaran yang bisa dilakukan oleh sekolah adalah pembelajaran berbasis
Blended Learning, termasuk di SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui 1. Manajemen,perencanaan pembelajaran, dan
evaluasi pembelajaran berbasis Blended Learning di SMP Negeri 11 Sungai
Penuh. 2. Faktor penghambat dan pendukung pembelajaran siswa dalam
menggunakan metode blended learning. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
tahap perencanaan, sekolah merumuskan kurikulum khusus sesuai dengan
model pembelajaran Blended Learning di masa Pandemi Covid-19 didukung
sarana dan prasana belajar yang memadai. Pada tahap implementasi, ada
perbedaan sedikit antara teori dan data real pada penerapan blanded learning ini
waktu pembelajaran luring dan daring. Sekolah SMP Negeri 11 Sungai Penuh
menerapkan sistem shift, seminggu pembelajaran luring dan di minggu yang lain
pembelajaran daring, sedangkan, pembelajaran daring disesuaikan dengan
kebutuhan masing-masing guru. Pada tahap evaluasi sekolah melaksanakan
evaluasi secara luring dan online berbasis website. Berdasarkan hasil temuan
penelitian dan analisis data mengenai 1) manajemen pembelajaran berbasis
blended learning untuk pembelajaran online dalam penerapan media
pembelajaran yang digunakan masih kurang beragam dan media yang sudah
adapun kurang dioptimalkan fungsinya. 2) faktor penghambat dan pendukung,
faktor penghambatnya yaitu manajemen masih kurang efektif karena berbagai
kendala salah satunya pembelajaran dilakukan satu arah, dan untuk faktor
pendukung berasal dari pemerintah, tenaga pendidik dan lokasi/wilayah.
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.