ANALISIS PERSEPSI PENONTON TERHADAP FILM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Penonton Mahasiswa Pada Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Kerinci)

Submitted by admin on Sat, 01/27/2024 - 16:07
Deskripsi/Abstract
Perkembangan media komunikasi sekarang ini menunjukkan perubahan yang cukup besar. Banyak media yang dapat dijadikan alternatif dalam menyampaikan pesan dengan target penerima yang besar dan dalam waktu yang cukup cepat. Pemanfaatan media massa dalam aktivitas dakwah juga merupakan salah satu cara yang cukup efektif pada saat ini. Film merupakan salah satu media dakwah yang berupakan rekaman gambar dan suara, film dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mrlakukan kebaikan atau dakwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif artinya penelitian ini menggambarkan keadaan suatu objek tertentu apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena sebagaimana adanya, mendeskripsikan secara sistematis,faktual dan akurat mengenai fakta tentang sifat populasi tertentu. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif yang menguraikan dan menafsirkan tentang persepsi mahasiswa tentang film religi sebagai media dakwah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa berdakwah melalui media film ini cukup efektif dalam menyebarkan pesan-pesan dakwah kepada audiens, dikemas dalam sebuah cerita yang ringan dan mudah diterima, berdakwah melalui media film ini dapat menjangkau audiens yang luas karena sifat dari media film itu tidak mengenal ruang dan waktu.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis