Deskripsi/Abstract
Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural merupakan upaya
pengelolaan pendidikan yang didalamnya terdapat proses mempengaruhi,
memotifasi kreatifitas anak didik dalam memahami perbedaan dan dapat diterima
sebagai hal yang alamiah dan tidak menimbulkan tindakan diskriminatif. Rumusan
masalah: Bagaimana pengintegrasian nilai-nilai pendidikan multikultural dalam
mata pelajaran agama dan pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sungai
Penuh?, apa saja kebijakan dan strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dan
guru dalam penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di SMP Negeri 1 Sungai
Penuh? dan bagaimana keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan
penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di SMP Negeri 1 Sungai Penuh?
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan informan
penelitian yaitu kepala sekolah dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam
dan pendidikan kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan
triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu.
Adapun hasil temuan penelitian ini menunjukkan: pertama, manajemen sekolah
dalam penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di SMP Negeri 1 Sungai
Penuh dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan
pengawasan. Kedua, kebijakan dan strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah
dalam penanaman nilai-nilai multikultural dilakukan dengan mengintegrasikan
materi-materi multikultural kedalam mata pelajaran PAI dan PKN. Ketiga,
keberhasilan sekolah dalam penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dapat
dilihat dari perubahan sikap dan karakter siswa yang saling menghargai dan
menurunnya kasus intoleransi di sekolah.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.