PENGARUH KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN JURUSAN PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK) IAIN KERINCI

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:25
Deskripsi/Abstract
Kepuasan mahasiswa merupakan perasaan secara psikologis seseorang terhadap hasil atau produk yang diharapkan berdasarkan pengalaman, pengetahuan sebelumnya yakni di dalam memorinya. Sedangkan Pelayanan akademik yang bertujuan memperoleh kepuasan makasiswa dan untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni mengetahui tingkat kepuasan yang dirasakan oleh mahasiswa terhadap pelayanan Jurusan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci dan mengetahui perbedaan (gap) antara harapan dan tingkat kepuasan yang dirasakan mahasiswa terhadap pelayanan Jurusan pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci. Jenis penelitian yakni penelitian deskripif dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan desain metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci, sampel sebanyak 96 orang mahasiswa, variabel penelitian kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan jurusan pada fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan IAIN Kerinci. Teknik pengumpulan data adalah cara yang dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data terdiri dari Observasi dan Angket/ Kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dengasn 4 skala. Teknik analisis data terdiri dari Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Pelayanan Jurusan didapatkan nilai t hitung sebesar 10,200 > 0,67708 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel pelayanan jurusan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kerinci. Sedangkan Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui kesesuian antara pelayanana akademik terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 52,5%. Artinya pelayanan memberi pengaruh kepuasan mahasiswa sebesar 52,5%
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi