Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakngi oleh pondok pesantren Al-fatah terdapat
pada potensi santrinya yaitu antara lain: Susahnya santri dalam menangkap
pembelajaran yang di ajarkan oleh ustad/ustadzah, Kurangnya disiplin
seorang santri dalam mengikuti pembelajaran, Santri merasa kurang senang
atau semangat dalam belajar, dan juga Prentasi belajar rendah karena motivasi
belajar rendah terhadap santri.
Jenis Penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan
pendekatan studi kasus. Lokasi dan waktu penelitian. jenis dan sumber data,
data primer, data sekunder, informan penelitian waka kurikulum,
ustad/ustazah, teknik pengumpulan data, observasi (pengamatan), wawancara
(interview), dokumentasi. teknik analisa data, reduksi data, penyajian data
dan menarik kesimpulan.
Hasil pembahsan, manajemen pembelajaran di pondok pesantren
Modern Arafah dalam sistem perencanaannya mereka sudah memakai silabus
atau RPP yang telah ditetapkan oleh pondok pesantren dengan tujuan utama
menciptakan da‟I yang mempunyai kemampuan yang mampu bersaing di
luar. Dalam kebijakan pengaturan sistem pembelajaran, hal ini disesuaikan
dengan kebijakan yang telah ditetapkan di pondok pesantren tersebut. Di
pesantren ini tidak hanya memperbanyak ilmu agama, akan tetapi juga dalam
hal membangkitkan bakat yang dimiliki oleh para santri.. Potensi yang
dimiliki oleh santri di pesantren Al-Fatah Kerinci dengan Pesantren Modern
Arafah Sungai Penuh Hampir sama. Namun yang paling menonjol adalah
pesantren Arafah lebih menekankan dalam penggunaan bahasa asing dalam
kehidupan sehari-hari santri di asrama. Sedangkan pesantren al-Fatah lebih
banyak mempelajari kitab kuning.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI FINI NURAISAH.pdf2.71 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.