IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 14:10
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum yang begitu cepat menjadikan guru BK tidak adaptif dan belum siap menghadapi perubahan dalam memahami kurikulum merdeka, sehingga guru bimbingan dan konseling masih berpacu pada kurikulum sebelumnya dalam menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaiman implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka, (2) kelebihan dan kekurangan implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sungai Penuh. Subjek dari penelitian ini yaitu 3 orang informan utama keseluruhan guru bimbingan dan konseling dan 2 informan pendukung terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 1 orang wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancaraa dengan menggunakan instrumen wawancara yang telah divalidasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan program bimbingan dan konseling terdiri dari 4 (empat) elemen layanan, yaitu layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif dan layanan dukungan sistem. Guru bimbingan dan konseling melaksanakan keempat layanan ini dengan cara dan strategi yang berbeda dalam mencapai profil pelajar Pancasila. Kelebihannya, yaitu memfokuskan kepada kebutuhan peserta didik dan tentunya hal ini tidak lepas dari kesiapan seorang guru bimbingan dan konseling dalam mengaplikasikannya. Kekurangan ataupun kendala yang di alami guru bimbingan dan konseling tidak adanya jam khusus yang tersedia untuk melaksanakan program, sehingga harus mencari waktu kosong, seperti istirahat atau sepulang sekolah untuk melaksanakannya, serta memanfaatkan android untuk mencukupkan waktu supaya tetap terlaksana sesuai capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti secara lebih mendalam lagi dan dapat menambah informan sehingga menghasilkan data yang lebih maksima
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi