PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 5 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:45
Deskripsi/Abstract
Siswa di MTs Negeri 5 Kerinci yang memiliki efikasi diri rendah dengan teridentifikasi memiliki tingkat kesulitan (magnitude), tingkat kekuatan (strength) dan tingkat generalisasi (generality) dalam belajar yang mana siswa cenderung ragu dan tidak memiliki target capai ujian yang jelas. Tujuan dalam penelitian ini yakni Mengetahui efikasi diri siswa sebelum pembentukan Bimbingan Kelompok di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kerinci, Mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian ekperimen. Lokasi dan waktu Penelitian di MTs Negeri 5 Kerinci. Desain penelitian menggunakan metode eksperimental design. Definisi Operasional Variabelterdiri dari Variabel Bimbingan Kelompok (X) dan Variabel terikat yaitu Efikasi Diri (Y). Populasi Berjumlah 90 siswa dan Sampel 50 siswa elas VIII C dan VIII D MTs Negeri 5 Kerinci. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, kuesioner (angket). Instrumen penelitian menggunakan skala likert. Uji Instrumen Penelitian terdiri dari Uji Validitas, Uji Reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis apabila data berdistribusi tidak normal maka bisa menggunakan uji statistic non parametric Mann Whitney U Test atau bisa juga menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap efikasi diri siswa kelas VIII di MTsN 5 Kerinci. t hitung Bernilai = 5,236. Karena nilai thitung > ttabel = 2,01063 maka ho ditolak dan ha diterima. Artinya ada perbedaan antara skor posttest efikasi diri siswa kelas kontrol dan kelas Eksperimen, dimana ̅ > ̅ sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas VIII MTsN 5 Kerinci”.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis