Deskripsi/Abstract
Siswa di MTs Negeri 5 Kerinci yang memiliki efikasi diri rendah dengan
teridentifikasi memiliki tingkat kesulitan (magnitude), tingkat kekuatan (strength)
dan tingkat generalisasi (generality) dalam belajar yang mana siswa cenderung
ragu dan tidak memiliki target capai ujian yang jelas. Tujuan dalam penelitian ini
yakni Mengetahui efikasi diri siswa sebelum pembentukan Bimbingan Kelompok
di Kelas VIII MTs Negeri 5 Kerinci, Mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok
dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Kerinci.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian ekperimen. Lokasi
dan waktu Penelitian di MTs Negeri 5 Kerinci. Desain penelitian menggunakan
metode eksperimental design. Definisi Operasional Variabelterdiri dari Variabel
Bimbingan Kelompok (X) dan Variabel terikat yaitu Efikasi Diri (Y). Populasi
Berjumlah 90 siswa dan Sampel 50 siswa elas VIII C dan VIII D MTs Negeri 5
Kerinci. Teknik pengumpulan data terdiri dari dokumentasi, kuesioner (angket).
Instrumen penelitian menggunakan skala likert. Uji Instrumen Penelitian terdiri
dari Uji Validitas, Uji Reliabilitas. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas
Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis apabila data berdistribusi tidak normal maka bisa
menggunakan uji statistic non parametric Mann Whitney U Test atau bisa juga
menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pelaksanaan layanan
bimbingan kelompok terhadap efikasi diri siswa kelas VIII di MTsN 5 Kerinci. t
hitung Bernilai = 5,236. Karena nilai thitung > ttabel = 2,01063 maka ho ditolak
dan ha diterima. Artinya ada perbedaan antara skor posttest efikasi diri siswa kelas
kontrol dan kelas Eksperimen, dimana ̅ > ̅
sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan
kelompok terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas VIII MTsN 5 Kerinci”.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.