PENGARUH PERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA DAN REGULASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR

Submitted by admin on Mon, 01/29/2024 - 11:29
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi di dalam konteks proses belajar terlihat adanya fenomena peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar sehingga mengganggu proses pembelajaran. Tujuan penelitian 1) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin dalam belajar, 2) Untuk mengungkap pengaruh regulasi diri terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin dalam belajar, 3) Untuk mengungkap pengaruh pola asuh orang tua dan regulasi diri terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel dan populasi adalah seluruh siswa SMAN 18 Merangin. Pengumpulan data dengan instrumen. Data dianalisis menggunakan uji regeritas linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh pola asuh oran tua terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin dalam belajar, 2) Terdapat pengaruh regulasi diri terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin dalam belajar, 3) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan regulasi diri secara simultan terhadap kemandirian siswa SMAN 18 Merangin dalam belajar.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis