ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Submitted by admin on Wed, 03/27/2024 - 13:35
Deskripsi/Abstract
Siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat bersaing dengan kompetitor lain di dunia digital yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 14 siswa kelas VII A di MTSN 6 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes uraian bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan materi bentuk aljabar. Uji keabsahan data dalam penelitian digunakan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dengan subjek menyelesaikan soal tes, dan dokumentasi. Hasil tes diperoleh siswa kesulitan menyelesaikan soal pada indikator mengatasi masalah dengan operasi hitung pecahan aljabar, termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan yaitu sebanyak 78%. Selain itu 71% hampir menyelesaikan soal dengan tepat pada indikator analisis hasil operasi pecahan aljabar, sedangkan pada indikator menghubungkan pemahaman aljabar dengan permasalahan faktual dalam kehidupan 86% siswa mampu menyelesaikan soal tetapi siswa kesulitan dalam menentukan hasilnya. Siswa kesulitan menjawab pada indikator mengatasi masalah dengan operasi hitung pecahan aljabar, termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan untuk memahami maksud dari soal dan juga cara menyelesaikannya
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi