Deskripsi/Abstract
Siswa harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi agar dapat bersaing dengan kompetitor lain
di dunia digital yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan
yang dihadapi siswa ketika menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu sebanyak 14
siswa kelas VII A di MTSN 6 Kerinci. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes
uraian bertipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan materi bentuk aljabar. Uji keabsahan data
dalam penelitian digunakan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dengan subjek
menyelesaikan soal tes, dan dokumentasi. Hasil tes diperoleh siswa kesulitan menyelesaikan soal
pada indikator mengatasi masalah dengan operasi hitung pecahan aljabar, termasuk penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan yaitu sebanyak 78%. Selain itu 71% hampir
menyelesaikan soal dengan tepat pada indikator analisis hasil operasi pecahan aljabar, sedangkan
pada indikator menghubungkan pemahaman aljabar dengan permasalahan faktual dalam kehidupan
86% siswa mampu menyelesaikan soal tetapi siswa kesulitan dalam menentukan hasilnya. Siswa
kesulitan menjawab pada indikator mengatasi masalah dengan operasi hitung pecahan aljabar,
termasuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan. Hal ini disebabkan
karena siswa kesulitan untuk memahami maksud dari soal dan juga cara menyelesaikannya
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.