Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII B MTsN 1 Kerinci, menjadi latar belakang penelitian ini. hal ini terlihat dari observasi dan wawancara pemahaman konsep matematis siswa yang masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat dan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII B MTsN 1 Kerinci dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh 3 tingkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dicapai oleh siswa kelas VIII B MTsN 1 kerinci. Tingkatan tersebut yaitu tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang dan rendah. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi terdapat 3 dari 17 siswa, tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis sedang terdapat 11 dari 17 siswa dan tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis rendah terdapat 3 dari 17 siswa. Pencapaian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dapat dicapai oleh siswa kelas VIII B MTsN 1 Kerinci. Dari keenam indikator pemahaman konsep matematis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yang paling dominan dicapai oleh siswa adalah indikator menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajari dan indikator mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika. sedangkan indikator yang belum dapat dicapai oleh siswa adalah indikator menyajikan konsep dalam berbagai representasi dan indikator mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal.