May 2024

PENGARUH IKLIM KELAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:53
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kpengaruh antara iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (3) penagaruh iklim kelas dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA N 7 Kerinci. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 7 Kerinci sebanyak 170 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi.
Penulis
Koleksi

IMPLEMENTASI ADAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI BERDASARKAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM PADA SISWA KELAS VII DI MTS LULO KERINCI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:34
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Adab Belajar Dalam Pembelajaran PAI Berdasarkan Kitab Ta‟lim Muta‟allim Pada Kelas VII di MTS Lulo.
Koleksi

ANALISIS FAKTOR KESULITAN MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:32
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor kesulitan mahasiswa tadris matematika dalam menyelesaikan skripsi untuk mengetahui faktor kesulitanya perlu wawancara dengan beberapa alumni mahasiswa tardris matematika untuk mengetahui kesulitan mereka dalam menyelesaikan skripsi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menungkapkan berbagai faktor yang menyebabkan kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di jurusan tadris matematikan IAIN Kerinci.
Penulis
Koleksi

IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-KAHFI KALAM MADANI KERINCI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:28
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Fiqih dijenjang MTs di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. Tujuan dari penelitian ini ialah; (1) Untuk mengetahui tahapan-tahapan strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani Kerinci. (2) Untuk mengungkap partisipasi siswa terhadap penerapan Strategi Belajar Tuntas (Mastery Learning) Pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Al-Kahfi Kalam Madani. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif.
Penulis
Koleksi

ANALISIS TERHADAP PENGGUNAAN METODE GABUNGAN WAHDAH DAN KITABAH DI MA JAMI’ATUL IHSANIAH AMBAI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:20
Penelitian ini dilatar belakangi oleh oleh pentingnya menghafalkan kitab Al-Qur‟an bagi pemeluk agama Islam. Bertempat di MA Jamiatul Ihsaniah yang merupakan sekolah keagamaan yang berlokasi di Ambai kegiatan menghafal AlQuran menggunakan berbagai macam metode, awalnya menggunakan metode ceramah namun metode ini dirasa tidak cukup efektif dikarenakan santri cepat lupa akan apa yang ia hapal, untuk itu metode hapalan Al-Qur‟an diganti menjadi metode wahdah dan kitabah.

COPING STRESS WANITA YANG MENIKAH DI BAWAH UMUR DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN RUMAH TANGGA DI DESA LEMPUR DANAU KECAMATAN KELILING DANAU KABUPATEN KERINCI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:18
Penelitian ini dilatar belakangi ada diantara remaja terjadinya kehamilan di luar nikah, remaja yang putus sekolah karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. Ada diantara remaja yang memiliki latar belakang keluarga yang berbeda-beda, ada yang berasal dari keluarga mampu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui coping stress wanita yang menikah di bawah umur dalam menghadapi permasalahan rumah tangga di Desa Lempur Danau Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah fenomenologis.
Koleksi

MANAJEMEN SISTEM POIN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 9 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:14
Manajemen sistem poin merupakan program sekolah yang terdapat pada tata tertib sekolah guna untuk mengurangi tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Rumusan masalah: Bagaimana penerapan sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 9 Sungai Penuh?, Bagaimana dampak penerapan sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 9 Sungai Penuh?, Apa saja kendala dan bagaimana solusi penerapan sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 9 Sungai Penuh?
Penulis
Koleksi

PERAN KARISMA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SANTRI TAHFIZ DARUL QUR’AN DESA HIANG KARYA

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:08
Santri terlihat berperilaku kurang baik seperti rendahnya disiplin ketika masuknya jam belajar, sering melalaikan waktu Sholat asar, rendahnya disiplin saling menghargai dan menghormati. Hal itu terbukti ketika penulisan melakukan observasi awal Rumah Tahfiz Darul Qur’an Hiang Karya terlihat adanya para santriyang masih berada diwarung-warung, sedangkan proses pembelajaran telah di mulai di ruang belajar, itu menunjukkan kurang efektifnya proses penegakan kedisiplinan di Rumah Tahfiz Darul Qur’an Hiang Karya.
Penulis
Koleksi

ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:02
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan awal, strategi yang digunakan, dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 2 Kerinci dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi pada saat proses belajar berlangsung, Wawancara dilakukan dengan informan yang telah ditentukan (Kepala sekolah, Guru PAI, dan Siswa kelas X), dan Dokumentasi berupa gambar, foto, rekaman audio, dan video.
Penulis
Koleksi

PENGARUH PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VISUAL AND INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:00
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar, lemahnya daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan, kegiatan pembelajaran yang disampaikan terlalu cepat membosankan, belum bervariasinya model pembelajaran dan rendahnya hasil belajar pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif.
Penulis
Koleksi