Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan awal, strategi yang digunakan, dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 2 Kerinci dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi pada saat proses belajar berlangsung, Wawancara dilakukan dengan informan yang telah ditentukan (Kepala sekolah, Guru PAI, dan Siswa kelas X), dan Dokumentasi berupa gambar, foto, rekaman audio, dan video. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan awal guru PAI yaitu Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), Perencanaan dan Pelaksanaan asesmen diagnostik, Pengembangan modul ajar, Perencanaan pelaksanaan dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif, Pelaporan kemajuan belajar, Evaluasi pembelajaran dan asesmen. Kedua strategi yang digunakan guru PAI yaitu Merumuskan tujuan khusus pembelajaran PAI, Memilih Pengalaman Belajar yang Akan Diterima Siswa, Menentukan Kegiatan Belajar Mengajar, Menentukan Orang-orang yang Terlibat dalam Proses Pembelajaran, Menentukan Alat dan Bahan untuk Belajar, Memperhatikan Ketersediaan Fasilitas Fisik. Ketiga kendala yang dihadapi guru ialah tidak memiliki pengalaman dengan kemerdekaan belajar, keterbatasan referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, dan manajemen waktu