Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan awal, strategi yang
digunakan, dan kendala yang dihadapi guru PAI dalam Implementasi Kurikulum
Merdeka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 2
Kerinci dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi pada saat proses belajar
berlangsung, Wawancara dilakukan dengan informan yang telah ditentukan
(Kepala sekolah, Guru PAI, dan Siswa kelas X), dan Dokumentasi berupa
gambar, foto, rekaman audio, dan video. Analisis data dilakukan dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan awal guru PAI yaitu Menganalisis
Capaian Pembelajaran (CP), Perencanaan dan Pelaksanaan asesmen diagnostik,
Pengembangan modul ajar, Perencanaan pelaksanaan dan pengolahan asesmen
formatif dan sumatif, Pelaporan kemajuan belajar, Evaluasi pembelajaran dan
asesmen. Kedua strategi yang digunakan guru PAI yaitu Merumuskan tujuan
khusus pembelajaran PAI, Memilih Pengalaman Belajar yang Akan Diterima
Siswa, Menentukan Kegiatan Belajar Mengajar, Menentukan Orang-orang yang
Terlibat dalam Proses Pembelajaran, Menentukan Alat dan Bahan untuk Belajar,
Memperhatikan Ketersediaan Fasilitas Fisik. Ketiga kendala yang dihadapi guru
ialah tidak memiliki pengalaman dengan kemerdekaan belajar, keterbatasan
referensi, akses yang dimiliki dalam pembelajaran belum merata, dan manajemen
waktu
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI FITRI YES.pdf1.42 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.