IMPLEMENTASI ADAB BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI BERDASARKAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM PADA SISWA KELAS VII DI MTS LULO KERINCI

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:34
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Adab Belajar Dalam Pembelajaran PAI Berdasarkan Kitab Ta‟lim Muta‟allim Pada Kelas VII di MTS Lulo. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui perencanaan dalam pembelajaran PAI berdasarkan kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Swasta Lulo, untuk mendeskripsikan pelaksanan dalam pembelajaran PAI berdasarkan kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Swasta Lulo dan untuk mengetahui evaluasi dalam pembelajaran PAI berdasarkan kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Swasta Lulo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa : 1) perencanaan dalam pembelajaran PAI berdasarkan kitab ta‟lim muta‟allim tidak dicantumkan secara tertulis pada perencanaan pembelajaran di MTS Lulo. 2) adapun pelaksanaanya mengikuti sesuai dengan jadwal perencanaan dan menggunakan beberapa metode yaitu : metode nasehat (mauidlah), keteladanan, Pembiasaan, kedisiplinan, pujian, dan mengambil pelajaran (ibrah). 3) evaluasi pembelajaran PAI berdasarkan kitab ta‟lim muta‟allim di MTs Swasta Lulo hasilnya menunjukan pengunaan Kitab Ta‟lim terhadap etika belajar siswa mendapat kemajuan yang baik dari sebelumnya dan tenaga pendidik juga ikut mengevaluasi diri sendiri terkait bagaimana pengajaran yang tepat untuuk diterapkan pada peserta didik untuk meningkatkan etika belajar siswa di Mts Lulo
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi