PENGARUH PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDIOTORY, VISUAL AND INTELLECTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 3 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Mon, 05/13/2024 - 15:00
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar, lemahnya daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan, kegiatan pembelajaran yang disampaikan terlalu cepat membosankan, belum bervariasinya model pembelajaran dan rendahnya hasil belajar pada materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest posttest design. Penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 29). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rerata pretest siswa 49,78 dan posttest 79,57. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual). Dapat dilihat dari thitung > t tabel (12,497 > 2,074) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual) terhadap hasil belajar PAI di SMKN 3 sungai penuh. Pada pengujian hipotesis berdasarkan P-Value atau Significante diketahui bahwa nilai (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Dengan demikian Ho ditolak Ha diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis