Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam
belajar, lemahnya daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan, kegiatan
pembelajaran yang disampaikan terlalu cepat membosankan, belum
bervariasinya model pembelajaran dan rendahnya hasil belajar pada materi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh model SAVI (Somatic, Auditory, Visual and
Intellectual) hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 3 Sungai Penuh.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Desain dalam
penelitian ini adalah penelitian eksperimen one group pretest posttest design.
Penelitian eksperimen digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu
terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi.
Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program
SPSS versi 29). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis
deskriptif diperoleh nilai rerata pretest siswa 49,78 dan posttest 79,57. Ini berarti
terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model SAVI (Somatic,
Auditory, Visual and Intellectual). Dapat dilihat dari thitung > t tabel (12,497 >
2,074) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh model SAVI (Somatic,
Auditory, Visual and Intellectual) terhadap hasil belajar PAI di SMKN 3 sungai
penuh. Pada pengujian hipotesis berdasarkan P-Value atau Significante diketahui
bahwa nilai (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Dengan demikian Ho ditolak Ha
diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data
pretest dan posttest
Koleksi
Subject
Files
s. nilam.pdf2.34 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.