Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kpengaruh antara iklim kelas terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (3) penagaruh iklim kelas dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA N 7 Kerinci. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA N 7 Kerinci sebanyak 170 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan iklim kelas terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,491>0,207) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,546>0,207) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) terdapat pengaruh signifikan iklim kelas dan minat belajar matenatika terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 7 Kerinci. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,611>0,207, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05