Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kpengaruh antara iklim kelas
terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh minat belajar siswa
terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (3) penagaruh iklim kelas dan
minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA N 7 Kerinci.
Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa
kelas XI IPA SMA N 7 Kerinci sebanyak 170 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket/kuesioner, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan
rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach
alpha.
Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan iklim kelas
terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar
dari r tabel (0,491>0,207) dan nilai signifikasi 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh
signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan
dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,546>0,207) dan nilai signifikansi
sebesar 0,000<0,05; dan (3) terdapat pengaruh signifikan iklim kelas dan minat
belajar matenatika terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 7 Kerinci. Hal ini
ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0,611>0,207, dan nilai
signifikansi sebesar 0,000<0,05
Koleksi
Subject
Files
Skripsi 9.pdf1.31 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.