Deskripsi/Abstract
Manajemen sistem poin merupakan program sekolah yang terdapat pada
tata tertib sekolah guna untuk mengurangi tingkat pelanggaran yang dilakukan
oleh siswa. Rumusan masalah: Bagaimana penerapan sistem poin dalam
meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 9 Sungai Penuh?, Bagaimana
dampak penerapan sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 9 Sungai Penuh?, Apa saja kendala dan bagaimana solusi penerapan sistem
poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 9 Sungai Penuh? Metode
yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan informan penelitian
yaitu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, wali
kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi,
ketekunan pengamatan, pengecekan teman sejawat.Adapun hasil temuan
penelitian ini menunjukkan: pertama, bahwa penerapan sistem poin di SMP
Negeri 9 Sungai Penuh dimulai pada tahun 2018/2019 dengan tujuan
meningkatkan kedisiplinan siswa dan menangani pelanggaran secara adil. Kedua,
dampak penerapan sistem poin terbukti efektif dengan adanya penurunan jumlah
pelanggaran tata tertib siswa dari 2022 hingga 2023 Ketiga, kendala yang
dihadapi yaitu kekurangan konsisten guru dalam memberikan poin, pengelolaan
poin siswa yang kurang efisien dikarenakan sumber daya manusia yang terbatas
pada bagian kesiswaan, kelangsungan pelanggaran tata tertib, dan lambatnya
tanggapan orangtua. Selanjutnya langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut
yaitu dengan pelatihan dan pengawasan terhadap guru, sosialisasi sistem poin
pada siswa, peningkatan komunikasi antara sekolah dan orangtua serta evaluasi
dan penyesuaian secara berkala
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI AZIZAH LENGKAP.pdf6.83 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.