Deskripsi/Abstract
Penelitian ini berangkat dari pernyataan bahwa setiap individu memiliki
alur berpikir yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah matematika
sehingga solusi masalah yang diperoleh pun juga kerap berbeda. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbandingan alur berpikir siswa yang mengikuti dan
tidak mengikuti bimbingan belajar dalam memecahkan masalah matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian kualitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi
kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Kerinci. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah purposive sampling, dimana sampel dipilih berdasarkan pertimbangan
mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar dengan tingkat kemampuan
tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data oleh
Milles & Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan
bahwa siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang tidak mengikuti
bimbingan belajar sama-sama menggunakan langkah pemecahan masalah yang
sistematis, namun terdapat perbedaan alur berpikir dalam memecahkan masalah
matematika. Perbedaan yang signifikan terletak pada langkah menyusun rencana.
Perbedaan tersebut terjadi karena faktor metode pembelajaran, disekolah
cenderung menggunakan strategi pemecahan masalah yang umum digunakan,
sedangkan di bimbingan belajar biasanya menerapkan metode yang terbaru
dengan strategi-strategi yang smart dan inovatif seperti menyuguhkan cara cepat
dan trik-trik mengerjakan soal dengan waktu yang lebih singkat.
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Online
Slot Demo
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Koleksi
Subject
Files
Skripsi Icmi Santry Nova.pdf3.66 MB
Scan Seluruh File TTD.pdf672.48 KB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.