PERBEDAAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN PRAMUKA DENGAN PALANG MERAH REMAJA DI MTsN 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Wed, 01/31/2024 - 10:10
Deskripsi/Abstract
Penelitian Ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi bahwa beberapa siswa belum mampu menyampaikan pendapatnya atau merespon informasi sesuai dengan kebutuhan guru sebagai komunikator, atau pada situasi tanya jawab karena keterampilan mendengarkan yang belum efektif, beberapa siswa menunjukkan kurang kondusif seperti pada saat diberikan informasi atau pesan oleh guru, siswa sebagai komunikasn terlihat sibuk bercerita dengan teman, menunjukan sikap kurang serius.Pada kegiatan ekstrakurikuler terutama pada kegiatan pramuka dan palang merah remaja merupakan kegiatan yang banyak berhubungan dengan lingkungan sekitar (alam) dan lingkungan masyarakat (sosial). Dengan adanya kegiatan tersebut maka diharapkan siswa memiliki sikap kepedulian sosial yang tinggidan wawasan yang luas sehingga pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dapat membantu siswa dalam komunikasi anatarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Keterampilan Komunikasi Anatarpribadi Siswa yang Mengikuti Kegiatan Pramuka, 2) Komunikasi Antarpribadi Siswa yang Mengikuti Kegiatan Palang Merah Remaja, 3) Untukmembedakan keterampilan Komunikasi Antarpribadi Siswa yang Mengikuti Kegiatan Pramuka dengan Palang Merah Remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan Pramuka sebanyak 16 orang danPalang Merah Remajasebanyak 15 orang dan semua populasi dijadikan sampel penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala. Data hasil penelitian diuji melalui uji- t (distribusi t) dengan bantuan SPSS Versi 21.0 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Keterampilan siswa yang mengikuti kegiatan pramuka berada pada kategori baik, 2) Keterampilan siswa yang mengikuti kegiatan palang merah remajaberada pada kategori tidak baik, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan komunikasi antarpribadi siswa yang mengikuti kegiatan pramuka dengan palang merah remaja dengan angka probabilitas asymp. (2-tailed)sebesar 0.000.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi