UPAYA GURU BK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGGUNAKAN METODE SHOW AND TELL KELAS VII DI SMPN 4 KOTA SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 01/25/2024 - 13:29
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII yang terindikasi rendah di SMPN 4 Kota Sungai Penuh, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sekaligus mengetahui upaya Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa menggunakan metode Show and Tell serta dapat mengetahui respon siswa kelas VII pada saat metode tersebut diterapkan. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif yang mana menguraikan data berdasarkan data yang ada dan penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama yaitu SMPN 4 Kota Sungai Penuh. Adapun Subjek Penelitiannya yaitu 7 (Tujuh) Orang Informan yang diantaranya terdiri dari Guru Bimbingan dan Konseling, Guru Bahasa Inggris dan 5 orang informan tambahan dari siswa kelas VII . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik Wawancara dengan menggunakan instrumen penelitian yang telah di validasi. Dengan analisis keabsahan data menggunakan 3 Teknik Triangulasi yang diantaranya yaitu Triangulasi Sumber, Teknik, dan Waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya siswa yang terindikasi kurang percaya diri dalam belajar di kelas sehingga membutuhkan waktu secara bertahap dalam proses perkembangannya dengan menggunaan metode Show and Tell, (2) Metode ini diterapkan sudah jauh sebelum masa pandemi Covid-19, (3) berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa respon siswa pada saat metode Show and Tell diterapkan yaitu siswa sangat berantusias dan aktif. Sehingga dari hasil penelitian ini, peneliti berharap untuk peneliti selanjutnya bisa menambah wawasan dalam konteks kepercayaan diri siswa serta mampu mengembangkan pembahasan mengenai kepercayaan diri siswa dengan menggunakan metode Show and Tell di kelas VII.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi